Kapal Pengangkut Semen Padang Terbakar, Muatan Selamat

PADANG – Kapal MV Divine Success yang bermuatan Semen Padang terbakar di Dermaga 115 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (16/9) sekitar pukul 18.20 WIB.

Direktur Produksi PT Semen Padang, Indrieffouny Indra yang dihubungi membenarkan insiden tersebut. Menurutnya, kapal bermuatan 20 ribu ton semen.

“Semen tak terkena api, sehingga tidak rusak. Jaraknya jauh dari ruang mesin. Masih ada 18.000 ton yang belum dibongkar,” tuturnya.

Sementara dari Jakarta antara melaporkan, Polres Tanjung Priok menduga sumber api yang melalap Kapal itu berasal dari kamar mesin.

“Kebakaran berasal dari kamar mesin Kapal MV Divine Success,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono.

Namun, Awi menuturkan penyidik masih menyelidiki dugaan penyebab kebakaran kapal yang mengangkut semen curah tersebut.

Petugas mengerahkan tiga unit kapal pandu milik Pelindo yakni Jayakarta I, Jayakarta 2 dan Batavia, serta lima unit mobil pemadam kebakaran guna memadamkan api.

Penyebab kebakaran diduga karena korsleting dalam kamar mesin. Saat awak kapal melakukan bongkar muat semen. Asap mulanya muncul dari ruang mesin kapal dan dilaporkan ke pihak pelabuhan.(dede)