Kapolres Ini Ajak Tahanan Shalat Berjamaah

PADANG PANJANG – Kapolres Kota Padang Panjang yang baru AKBP Cepi Noval punya terobosan baru. Para tahanan yang ada di sel polres setempat diajak shalat berjemaah setiap waktu shalat.

“Shalat berjemaahnya dilaksanakan di lorong sel dengan membentangkan karpet. Imamnya bergiliran para perwira,” kata Cepi Noval kepada wartawan di mapolres setempat, Rabu (21/9).

Bukan hanya shalat berjemaah, lanjut Cepi, tahanan itu juga diajak membaca surat yasin dan ayat Alquran lainnya. Selain menjadi imam shalat, perwira juga diminta memberikan tausiyah singkat (kultum).

“Dengan shalat berjemaah, baca surat yasin dan kultum secara rutin diharapkan para tahanan itu bisa menyadari dosa dan kesalahan yang telah mereka perbuat, lalu kembali ke jalan Allah SWT,” harap kapolres yang belum cukup seminggu menjabat itu.

Perwira menengah asal Sunda itu menyebutkan, saat ini tahanan di sel Polres Padang Panjang sebanyak 14 orang. Kasus mereka beragam, yakni narkoba, pencabulan, curanmor dan curat.

Terobosan kapolres itu diapresiasi banyak pihak, termasuk kalangan wartawan. “Ini terobosan yang luar biasa dan patut dicontoh polres lainnya. Pendekatan semacam ini akan berkesan bagi tahanan. Seperti harapan pak kapolres, mudah-mudahan tahanan itu kembali ke jalan-Nya,” kata Ketua PWI Kota Padang Panjang Syamsoedarman. (jasriman)