Kawanan Begal yang Beraksi di Pauh Berstatus Pelajar

PADANG – Kawanan tersangka begal yang mengeroyok Wahyu Andika Putra (15) di Jalan M. Hatta Pauh Padang, Minggu (11/9) lalu ternyata kalangan pelajar.

Lima orang diringkus polisi di sejumlah lokasi, Rabu (14/9). Mereka masing-masing ZF (17), DE (16), MDT (15), MAA (16) dan AR (14). Kawanan ini berstatus pelajar SMP, MTsN, SMA dan SMK di Padang. Sementara satu pelaku lagi berinisial Rm masih diburu.

Dari tangan para tersangka disita celurit, dan sepeda motor Suzuki Smash dengan BA 2773 BM yang dirampas dari korban.

Kapolsek Pauh, Yuhirza Yunus mengatakan, penangkapan tersebut menindaklanjuti laporan keluarga korban tak lama setelah kejadian tersebut.

Dari penyelidikan yang dilakukan, dalang kasus tersebut mengarah kepada ZF. Setelah dilacak sekitar pukul 02.00 WIB dinihari tadi ia dibekuk di rumahnya di Pasar Ambacang.

Pelajar SMK ini dijumpai tengah tertidur dan diringkus sejumlah petugas yang dipimpin Kanit Reskrim Ipda Syafwal tanpa perlawanan, di hadapan orangtuanya.

Dari keterangannya, kemudian diketahui keberadaan tersangka lain yang kemudian ditangkap di rumah masing-masing. DE di Jalan M. Yunus Anduring, MDT di Pasar Ambacang, MAA di Jalan Joni Anwar Ulak Karang dan AR di Jalan Tunggang Pasar Ambacang.

Para tersangka kemudian dibawa ke Mapolsek untuk penyelidikan lebih lanjut. Kapolsek menegaskan, pihaknya tengah memeriksa para tersangka yang masih di bawah umur tersebut, dan memburu seorang rekannya yang masih buron.(arief)