Ke Lampung, Presiden Resmikan Tol Trans Sumatera

Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki. (okezone)

BANDAR LAMPUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan meresmikan dua gerbang Tol Trans Sumatera di Lampung. Peresmian ini sekaligus sinyal mempercepat pembangunan JTTS sebelum gelaran Asian Games 2018.

Dua gerbang tol yang akan diresmikan yakni Gerbang Tol Bakauheni (Seksi I) yang berada dekat Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Seksi I yakni ruas jalan tol dari Pelabuhan Bakauheni hingga ke Simpang Susun Bakauheni.

Kemudian gerbang kedua yang diresmikan adalah Gerbang Tol Kota Baru di Kecamatan Sabah Balau, Lampung Selatan. Sedangkan Seksi V adalah dari Lematang hingga Kota Baru, Lampung Selatan. Gerbang Tol Kota Baru ini sendiri merupakan akses menuju Bandar Lampung.

Gubernur Lampung Ridho Ficardo mengatakan, pihaknya sudah memersiapkan acara peresmian JTTS Lampung tersebut. “Dua gerbang tol akan diresmikan hari ini. Mudah-mudahan tidak ada kendala selama kedatangan presiden di Lampung,” katanya saat menunggu kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Radin Intan II, Minggu (21/1/2018) pagi.

Ridho menambahkan, peresmian ini bisa mempercepat pembangunan JTTS sebelum perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang. Karena, jika JTTS sudah beroperasi, maka waktu tempuh Lampung – Palembang bisa lebih singkat dari biasanya.

Selama ini, waktu tempuh Lampung–Palembang bisa mencapai 7-8 jam melalui darat. Tetapi jika JTTS sudah beroperasi, waktu tempuh bisa menjadi 3-4 jam. (aci)

BAGIKAN