Kebanjiran, Jalan Padang – Painan Lumpuh

Jalan Padang - Painan lumpuh total karena banjir. (marlison)
Jalan Padang – Painan lumpuh total karena banjir. (marlison)

PADANG – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Pesisir Selatan sepanjang, Kamis (5/1) dinihari mengakibatkan Batang Tarusan meluap dan merendam sejumlah titik ruas jalan nasional Padang-Painan.

Informasi yang diperoleh Singgalang, banjir terparah di Jongah, Nagari Barung-Barung Belantai dan Nagari Duku, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Banjir di dua titik itu juga mengakibatkan arus transportasi Padang-Painan lumpuh total dan menimbulkan kemacetan panjang hingga 5 kilometer.

Salah seorang pengendara, Dodi (34) yang hendaknya menuju Padang mengakui terjebak macet di Nagari Duku, Kecamatan Koto XI Tarusan. Disini, kemacetan panjang terjadi hingga 3 kilometer sejak pukul 06.00 WIB, katanya.

“Saya terjebak macet di Nagari Duku, karena ruas jalan terendam banjir setinggi 1 meter lebih. Sementara itu, banjir juga merendam ruas jalan nasional Padang-Painan di Jongah, Nagari Barung-Barung Belantai,” ungkapnya.

Menurutnya, kedua lokasi memang daerah langganan banjir yang terletak di dataran rendah dan dekat dengan aliran Batang Tarusan.

Hal ini hendaknya menjadi perhatian pemerintah bagaimana kedepan, ruas jalan didua titik tersebut ditinggikan, sehingga tidak terjangkau oleh banjir yang berasal dari luapan Batang Tarusan.

“Sebelumnya, ruas jalan nasional Padang-Painan tepatnya di jembatan dua, Kecamatan Koto XI Tarusan telah ditinggikan, dan kini sudah aman dari banjir,” ucapnya.

Sementara di Lubuk Nyiur, Kecamatan Batang Kapas banjir juga merendam ruas jalan kabupaten dan sejumlah rumah warga. Sejauh ini, cuaca di Pesisir Selatan masih nampak mendung dan dikuatirkan terjadi hujan. (son)