Kembangkan Dugaan Suap Anggaran Jalan di Sumbar, KPK Kembali Periksa Putu

I Putu Sudiartana  (antara foto)
I Putu Sudiartana (antara foto)

JAKARTA – Mantan anggota Komisi III DPR RI, Putu Sudiartana kembali diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berdasarkan pantauan di lokasi, Putu datang ke Gedung KPK sekira pukul 10.20 WIB. Ia hadir dengan mengenakan rompi tahanan berwarna oranye.

Putu enggan memberikan komentar apa pun saat ditanya para awak media. Ia langsung masuk ke Gedung KPK untuk menuju ruang pemeriksaan. Selain itu, KPK juga akan meminta keterangan dari Tenaga Ahli DPR RI, Noviyanti, sebagai saksi untuk tersangka Putu Sudiartana.

“Dia diperiksa sebagai saksi tindak pidana korupsi menerima hadiah atau janji terkait pengurusan anggaran di DPR untuk alokasi Provinsi Sumatera Barat pada APBN-P 2016,” kata Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati Iskak, Jumat (14/10)

Kasus korupsi ini berawal ketika KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pada 28 Juni 2016. Saat itu KPK menyita uang sekira AUD40 ribu dan bukti transfer sebesar Rp500 juta yang diduga merupakan suap untuk I Putu Sudiartana.

Aliran transfer bank inilah yang membuat penyidik KPK curiga, sehingga menelusuri aliran dana tersebut. Usai dilakukan penelusuran, uang diketahui berasal dari seorang pengusaha bernama Yoga Askan yang dikirim ke rekening Putu.(aci)

agregasi okezone1