Kemdikbud Segera Bagikan 80.000 Komputer untuk UNBK

 

 

 

Ilustrasi. (*)
Ilustrasi. (*)

MEDAN – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana menggelontorkan sekira 80.000 komputer ke sekolah berbagai daerah untuk kepentingan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Paling lambat ditargetkan akhir Januari 2016, komputer itu sudah dibagikan,” ujar Mendikikbud Muhadjir Effendy usai meresmikan gedung sekolah dan bangunan pura di sekolah Yayasan Pendidikan Sutan Iskandar Muda di Medan, baru-baru ini.

Ia tidak merinci jenis komputer dan sekolah atau daerah mana yang akan dikirimi komputer. “Yang pasti komputer itu akan dikirim dan Kemdikbid meminta agar pihak sekolah di daerah bersiap menjalankan UNBK tahun ini,” katanya.

Dia menyebutkan, Kemdikbud menargetkan pelaksanaan UNBK untuk SMA/SMKN sebesar 80 persen dan SMP 30-40 persen. Ujian Nasonal iti sendiri akan berlangsung pada pertengahan April 2017.

Muhadjir Effendy sebelumnya mengatakan, agar target tersebut dapat terlaksana, Kemdikbud mengeluarkan kebijakan di mana UN tidak akan serentak dilaksanakan pada hari yang sama seperti sebelumnya.

Untuk sekolah yang tidak memiliki komputer misalnya bisa mengikuti ujian di sekolah rayon terdekat. Muhadjir menegaskan, pelaksanaan UNBK untuk efisensi waktu dan memperkecil kecurangan. Demikian okezone. (*)

agregasi okezone1