Kepala Puskesmas Lubuk Basung Ingatkan Bahaya Merokok

102
Ilustrasi (net)

LUBUK BASUNG – Kepala Puskesmas Lubuk Basung, Agam, Arno, tidak bosan-bosannya menyarankan kepada pasiennya agar berhenti merokok. Sebab,  merokok itu besar bahayanya.

“Ada 12 secara garis besar bahaya merokok itu yang sangat membahayakan kesehatan tubuh, yaitu; meningkatnya risiko kanker perut, kanker darah dan kanker limfa. Itu drsebabkan rokok itu mengandung kadar 1,3-Butadine, yakni bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi karet,” kata Arno kepada Singgalang Selasa (2/1/2018).

Selain itu menghambat perbaikan DNA dan dapat merusak lapisan dalam paru-paru, karena mengandung Akrolein, Formaldehida dan Kromium VI (digunakan untuk membuat logam paduan, cat dan pewarna ) yang akhirnya dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Rokok mengandung zat Arsenik yang digunakan untuk mengawetkan kayu. Menyebabkan leukemia, karena rokok mengandung zat Benzene yang sebenarnya digunakan untuk memproduksi bahan kimia lainnya.

Dapat menyebabkan penyakit jantung dan serangan jantung. Serangan jantung itu disebabkan kandungan karbon monoksida pada asap rokok yang dihirup masuk ke aliran darah dan lainnya. (lukman)