Berita Singgalang | Utama

Kepala Satpol PP Resmi Pakai Tongkat Komando

Tanggal 20 March 2013

PADANG – Mengacu kepada peraturan perundang-undangan terbaru, Kepala Satpol PP baik untuk provinsi maupun kab/kota kini memakai tongkat komando seperti halnya pimpinan polisi dan TNI di provinsi dan kab/kota.
“Ya, begitu salah satu yang diatur dalam Permendagri nomor 19 tahun 2013 tentang Pedoman Pakaian Dinas, Perlengkapan dan Peralatan Operasional Satpol PP,’’kata Kepala Satpol PP Sumbar H. Edi Aradial kepada Singgalang, Selasa (19/3) di Padang.
Dalam Permendagri yang ditandatangani Mendagri Gamawan Fauzi, 11 Februari 2013 dan diundangkan setelah ditandatangi Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin awal Maret lalu, disebutkan soal perubahan kepangkatan di jajaran petugas Satpol PP.
Tadinya, bila aparat Satpol PP memiliki kepangkatan tertinggi IV e (biasanya dijabat Dirjen Pemerintahan Umum Kemendagri), ditandai dengan lima bunga melati, sejak keluarnya Permendagri nomor 19 tahun 2013, diganti dengan tiga bintang. Sedangkan IV d, dua bintang dan IV c, satu bintang.
“Kalau lima bunga melati di tanda kepangkatan yang dipasang di bahu, terlihat agak ramai. Belum lagi dipasangkan logo Satpol PP. Sekarang dengan perubahan, tidak ramai lagi. Saat rakor di Jakarta, banyak pejabat daerah ngomong demikian. Tapi tanda bintang yang dipakai dalam kepangkatan Satpol PP ini, bintang segi delapan, sedang Polri dan TNI, bintang segi lima. Jadi nggak sama,’’ terang dia.
Sedangkan untuk petugas Satpol PP yang bergolongan satu, maka di tanda kepangkatan bergambar garis lurus warna coklat. Golongan II, garus lurus warna putih dan golongan III, garis kuning. Khusus IIId, dinaikkan menjadi satu bunga melati dan seterusnya.
Selain tanda kepangkatan, soal berpakaian juga diubah. Pakaian Dinas Lapangan (PDL), sekarang harus memakai baret, baik pria maupun perempuan. Begitu pula, bagi yang bertugas membawa bendera pataka, tadinya berpakaian serba putih dan helm putih, sekarang berpakaian khas Satpol PP, warna khaki tua kehijau-hijauan dan helm putih.
“Secara nasional pemakaiannya diresmikan pada peringatan HUT Satpol PP di Pekanbaru, sekitar 19 April. Sedang secara Sumbar, diresmikan saat peringatan HUT Satpol PP tingkat Sumbar di Padangpanjang, 30 April,’’ jelasnya.
Terkait dengan perubahan pakaian dan perlengkapan Satpol PP tersebut, Gubernur Sumbar melalui surat nomor 332/176/Satpol.PP-2013 tertanggal 19 Maret 2013 kepada Bupati/Walikota se-Sumbar untuk mempedomani Permendagri itu. (015)

Leave a Reply

 
Advertise Here
Advertise Here

Pojok

  • + SBY terkejut, BCA digeledah
    - Capek minum aia putiah pak…
    + Badan atletis tapi bisa kesurupan
    - Iko bamandian jo aia dingin ubek-e mah…