Kinerja Polisi Sumbar Berantas Narkoba Diapresiasi

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PADANG – Kinerja kepolisian di Sumbar dalam memberantas peredaran narkoba patut diapresasi. Hampir tiap hari ada saja kasus peredaran barang haram itu diungkap. Diharapkan ke depan hal itu terus dilakukan, bahkan ditingkatkan.

“Dari apa yang kami amati di media massa, hampir tiap hari ada saja pelaku yang ditangkap, baik pemakai, pengedar maupun bandar,” ujar Ketua KNPI Sumbar, Defika Yufiandra di Padang, Kamis (10/11).

Pengungkapkan tersebut tentunya tak mudah dilakukan, karena membutuhkan penyelidikan yang intensif, biaya, dan yang terpenting adalah kemauan petugas.

“Kami apresiasi untuk itu semua. Apalagi diketahui bersama, generasi muda target peredaran narkoba,” lanjut pria yang sehari-hari sebagai advokat itu.

Apalagi pemberantasan narkoba berhubungan erat dengan tindak kriminalitas. “Sudah pasti tindak kriminal jalanan berkurang dengan pemberantasan peredaran narkoba. Pasalnya, pecandu narkoba biasanya nekat melakukan tindak apa saja, asal bisa mendapatkan narkoba baik sabu, ganja, esktasi dan lain sebagainya,” tutur Adek, sapaan akrabnya.

Wakil Sekretaris Bidang Hukum KNPI Sumbar, Yohannas Permana menambahkan, dengan menurunnya angka kriminalitas ini, tentunya memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, yang sebelumnya kerap dihantui oleh aksi penjambretan, copet, penodongan, pengupakan rumah, warung dan lainnya.

Ke depan, pihaknya berharap kinerja polisi dan Badan Narkotika Nasional dalam memberantas peredaran narkoba di Ranah Minang ini tetap terus di tingkatkan. “Kami sebagai generasi muda dan kawan-kawan di KNPI yang notabene kerap diincar pengedar akan berusaha semaksimal mungkin membantu aparat dalam pengungkapan kasus tersebut.

“Dalam berbagai kesempatan kami kepada kawan-kawan di KNPI dan anak-anak muda umumnya, selalu mengingatkan untuk menjauhi narkoba, karena berbahaya bagi nasib generasi muda di masa yang akan datang,” lanjut pria yang juga advokat muda ini.

Sebelumnya, Senin (7/11) lalu, Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumbar mengungkapkan pihaknya menangkap 278 pemakai dan pengedar narkoba di sejumlah lokasi di Sumbar dalam dua bulan terakhir.

Dari para tersangka Polda Sumbar, Polres dan Polsek menyita 425,30 gram sabu, ganja 95 kilogram, pohon ganja 132 batang, 20 butir pil ekstasi dan ribuan pil obat-obatan golongan empat. (arief)