Komjen Syafruddin Dilantik Sebagai Wakapolri

 

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian melantik Komjen Syafruddin menjadi Wakapolri. Melalui Surat Keputusan Nomor 917/IX/2016, mantan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) itu resmi menggantikan Jenderal Budi Gunawan yang didapuk jadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

“‎Akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-Uundang 1945. Saya akan menaati segala perundang-undangan, melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan oleh saya, dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab,” kata Syafrudin dalam sumpah jabatannya di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (10/9/2016).

Dalam sambutannya, Tito mengatakan, penunjukan Sayfrudin menjadi Wakapolri telah melalui beberapa pertimbangan terutama mengenai kecakapannya.

“Pemilihan dari bapak Syafrudin, tentunya dinilai dari berbagai aspek, potensi, pengalaman beliau di berbagai tempat, dari operasional komando, sampai pejabat administratif sehingga menempatkan beliau pada posisi ini. Ini adalah hak prerogratif Kapolri,” kata Tito.

Dalam kesempatan itu, Tito juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Jenderal Budi Gunawan sebagai Kepala BIN yang telah dilantik kemarin sore Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Semoga (Budi Gunawan) di tempat baru dapat bekerja dengan baik sebagai Kepala BIN. Kami mendorong sepenuhnya tugas Bapak sebagai Kepala BIN, dan mohon kerjasama antara Polri dan BIN dapat mengajar setelah bapak jadi Kepala BIN,” kata Tito.

“Kami ucapkan selamat pada Pak Wakapolri yang baru, mudahan dapat bekerja sama untuk meningkatkan kinerja Polri,” ujarnya.

Hadir dalam acara pelantikan ini sejumlah anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan anggota DPR RI Maruarar Sirait dan para tamu undangannya. (lek)

agregasi okezone1