Komsumsi 2 Pisang Tiap Hari Bisa Cegah Penyakit Jantung dan Stroke

Pisang (boldsky)
Pisang (boldsky)

SEBUAH penelitian baru menyebutkan mengonsumsi pisang setiap hari bisa membantu mencegah sejumlah penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Hal ini disebabkan karena pisang mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga dapat menghentikan penyumbatan fatal di jantung, serta mencegah penyempitan pembuluh darah.

Fakta tersebut ditemukan para ahli dari University of Alabama ketika melakukan uji coba pada seekor tikus yang memiliki risiko terkena penyakit jantung. Tikus itu kemudian diberi tiga pilihan makanan dengan kadar kalium rendah, normal, dan tinggi. Setelah dilakukan analisis, arteri tikus yang mengonsumsi makanan dengan kadar kalium rendah cenderung mengeras.

Sebaliknya, tikus yang diberi potasium tinggi memiliki risiko pengerasan arteri yang jauh lebih rendah dan berkurangnya kekakuan di aorta mereka.

Dengan demikian, kandungan mineral tersebut dipercaya dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke pada manusia. Namun, mengonsumsi pisang terlalu banyak juga dapat menyebabkan sakit perut, mual, dan diare.

Dr. Mike Knapton dari British Heart Foundation mengakui kurangnya konsumsi kalium memang dapat menyebabkan pengerasan pada pembuluh darah.

“Dengan melakukan penelitian lebih lanjut, kita mungkin bisa melihat apakah penyakit itu terbentuk pada manusia dengan cara yang sama, dan apakah kita bisa mengembangkan pengotabannya,” tutur Mike kepada The Sun.

Tidak hanya itu, National Health Service secara resmi menyarankan agar setiap orang mengonsumsi 3.500 mg kalium setiap hari. Seperempatnya bisa dipenuhi dengan memakan dua buah pisang.

Selain pisang, makanan lain yang kaya akan mineral ini antara lain kentang, brokoli, tauge, biji-bijian, ikan dan unggas. Demikian dilansir dari Telegraph, Selasa (10/10). (aci)

agregasi okezone1