Korban Kebakaran Pasar Atas Manfaatkan Emperan Toko untuk Jualan

Pedagang manfaatkan emperan toko untuk berjualan (martiapri yanti)
Pedagang manfaatkan emperan toko untuk berjualan (martiapri yanti)

BUKITTINGGI – Sepekan pasca-kebakaran Pasar Atas Bukittinggi, puluhan pedagang kembali berjualan, Senin (6/11). Emperan toko dijadikan tempat untuk menggelar dagangan.

“Saya sudah dua hari berjualan di sini. Lumayanlah, tapi tidak mengharapkan untung, malah dijual 30 persen di bawah harga pokok. Biarlah merugi, asal barang dagangan jalan untuk biaya sehari-hari,” ujar Kamarnis (50), salah seorang korban kebakaran Pasar Atas.

Kendati transaksi hanya Rp3 juta jualan hari pertama, usaha itu tetap dijalaninya. Malah dia berupaya pula mencari peluang di Payakumbuh, tapi belum dapat tempat yang memuaskan.

“Sementara biarlah begini, belum ada kepastian relokasi, harapan saya bisa di seputaran Jam Gadang ini,” ucap Kamarnis yang biasa memiliki toko di Blok C Pasar Atas.

Hal serupa dikatakan juga Molly, korban kebakaran lainnya. “Maunya kami direlokasi ke Jalan Minangkabau, seputaran Gloria dan Jalan A. Yani. Sekarang sedang dikumpulkan data pedagang aktif, untuk bisa berdagang di lokasi yang diinginkan, jika masih di Jalan Perintis, no way,” katanya.

Sementara Mirza, pedagang di Jalan Minangkabau mengatakan mendukung apapun keputusan pemerintah. Hanya, pemerintah perlu mempertimbangkan keamanan dan akses utama menuju objek wisata, seperti ke Kebun Binatang dan Jam Gadang. (yanti)