KPK Bidik 180 Nama yang Disebut Terlibat Korupsi

Gedung KPK (okezone.com)
Gedung KPK (okezone.com)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengembangkan sejumlah nama yang disebut terseret dalam perkara korupsi. Nama-nama tersebut, turut disebut dalam putusan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata memaparkan, setidaknya ada 180 nama yang sudah dinventarisir oleh KPK akan segera di telisik keterlibatannya dalam kasus rasuah.

“Pihak-pihak yang disebut Majelis Hakim terlibat, kami kemarin sudah inventarisasi ada 180-an orang yang sudah disebut dalam putusan hakim terlibat dalam tindak pidana korupsi,” kata Alex saat jumpa pers kinerja KPK 2016 dikantornya, Senin (9/1).

Alex menegaskan lembaganya akan melakukan evaluasi terkait ratusan nama tersebut untuk menentukan penanganan selanjutnya. Untuk meringankan kinerja KPK, Alex menuturkan tidak menutup kemungkinan akan meminta lembaga penegak hukum lainnya untuk menanganinya.

“Kita sudah melakukan evaluasi nanti apakah ke depan akan diproses KPK atau kita limpahankan ke aparat penegak hukum yang lain penanganannya karena beban kerja di KPK sudah banyak. Perkara-perkara yang menyangkut pasal 55 akan dikoordinasikan dengan kejaksaan dan kepolisian,” tutupnya. (aci)

agregasi okezone1