KPU Dapat Dana Hibah Rp 1,1 Miliar untuk Pilkada Payakumbuh dan Mentawai

KPU (net)
KPU (net)
PADANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar mendapatkan anggaran Rp1,1 miliar dari APBD provinsi. Dana itu untuk pelaksanaan pilkada serentak di Mentawai dan Payakumbuh.
Anggota Komisi I DPRD Sumbar, Sitti Izatti Azis mengatakan dana itu diberikan demi kelancaran pilkada. Dengan tak terkendala keterbatasan dana, DPRD berharap pelaksanan pilkda di dua daerah itu lebih berkualitas daripada pilkada serentak sebelumnya.
Sitti belajar dari pelaksanaan pilkada yang sudah-sudah, beberapa hal harus perhatian untuk KPU untuk ditingkatkan pada Pilkada Mentawai dan Payakumbuh nanti.
Salah satunya adalah berkaitan dengan sosialisasi. Seperti yang kita ketahui, pada pemilihan kepala daerah beberapa waktu lalu, tingkat partisipasi pemilih sangat rendah.
“Kali ini KPU harus total melakukan sosialisasi,” tegas Sitti, Rabu (12/10).
Dia menilai sosialisasi tak cukup hanya dilakukan melalui spanduk, papan reklame atau poster saja. Namun sosialisasi secara langsung juga harus diperbanyak. Sehingga masyarakat bisa tahu pentingnya memilih dan menjatuhkan pilihan pada orang yang tepat.
Terkait anggaran lebih kurang satu miliar yang disetujui untuk mensukseskan Pilkada di dua daerah ini, ia meminta KPU memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Selain sosialisasi, beberapa hal lain yang diminta diakomodir dengan baik adalah terkait persiapan, dan monitoring dalam pelaksanaan pilkada ini.
Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim saat paripurna penetapan APBD-P beberapa waktu lalu mengatakan, dengan ditetapkannya anggaran hibah KPU sebesar Rp1,1 miliar, proses pelaksanaan Pilkada serentak di dua daerah diharapkan sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku. (titi)