KPU Padang Sasar Pemilih Pemula Gapai Target Partisipasi

KPU  (net)
KPU (net)

PADANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang menyasar pemilih pemula, sebagai salah satu upaya mencapai tingkat partisipasi sebesar 77,5 persen sebagaimana ditetapkan KPU RI pada pemilihan serentak 2018. Di  Padang, jumlah pemilih pemula mencapai angka 20 persen dari total pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT).

“Langkah awal sosialisasi kepada pemilih pemula ini, KPU Padang mengumpulkan 387 perwakilan pelajar dari 43 SMA/SMK/MA se-Kota Padang, dalam acara Jambore Demokrasi Pelajar yang telah dilaksanakan di Lemdadika Padang Besi, 6-8 Oktober 2017,” ungkap Ketua KPU Padang, M Sawati, Selasa (10/10).

Dikatakan Sawati, pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar pada pemilihan serentak 2015 lalu, tingkat partisipasi di Kota Padang baru mencapai angka 52 persen. Melalui Jambore Demokrasi Pelajar ini, para pelajar yang masuk kategori pemilih pemula, dikenalkan proses pemilihan walikota dan wakil walikota Padang yang pencoblosannya pada 27 Juni 2018.

“Kami melakukan simulasi mulai dari tahap pendaftaran, penetapan, sosialisasi, kampanye, debat kandidat, penyampaian undangan ke pemilih, pemungutan dan penghitungan suara, rapat pleno rekapitulasi dan penetapan walikota terpilih serta diakhiri dengan pelantikan pasangan walikota dan wakil walikota terpilih,” jelas Sawati seputar agenda yang dilakukan selama Jambore Demokrasi Pelajar. (bambang)