KPU Payakumbuh Buka Ruang Konsultasi Seputar Pilkada

PAYAKUMBUH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh sengaja membuka ruang konsultasi, kepada publik, partai politik dan peserta Pilkada 2017-2022. Bentuk semangat keterbukaan informasi dan Pilkada yang bersih.

Hal ini diungkapkan Komisioner KPU uhammad Khadafi, kepada Singgalang Selasa (20/9). “Kami sengaja membuka ruang, untuk konsultasi persoalan Pilkada. Baik tahapan, mekanisme dan tata caranya. Itu siap kami jelaskan,” kata dia.

Khadafi menyebut, KPU sangat menginginkan, pelaksanaan Pilkada serentak 2017 harus benar-benar lancar. “Untuk itu, agar Pilkada menjadi ajang demokrasi yang benar-benar baik, KPU membuka ruang kepada publik. Kepada siapapun,” jelasnya.

Masih terkait pelaksanaan Pilkada Payakumbuh, Kapolres setempat AKBP Kuswoto menghimbau seluruh pihak, untuk melakukan perjalanan politik yang sehat dan tidak mengusik keamanan dan ketertiban. “Harapan besar saya, jangan ada kegaduhan,” katanya.

Kapolres juga menyebut, sejak beberapa waktu lalu, terus mengikuti tahapan demi tahapan pelaksanaan Pilkada Payakumbuh yang diperkirakan akan berlangsung Februari 2017 nanti. “Polres Payakumbuh, siap maksimal mengamankan jalannya tahapan hingga pelaksanaan Pilkada,” tutur Kuswoto.

Namun demikian, banyak pihak meminta, anggaran Pilkada harus transparan. Pemerintahan Daerah, dituntut memberi porsi yang profesional terhadap pengamanan. Karena pelaksanaan tanpa keamanan, sia-sia saja. (bayu)