Krisis Air Sudah Merebak ke Sejumlah Sekolah di Solok Selatan

Air bersih untuk korban galodo di Solok Selatan. (afrizal amir)
Air bersih untuk korban galodo di Solok Selatan. (afrizal amir)

PADANG  ARO – Kriris air bersih tidak saja dialami masyarakat di Kecamatan KPGD, tetapi juga diderita sejumlah sekolah salah satunya SMAN 5 Solok Selatan.

Plt. Kepala SMAN 5 Solsel, Hasbianto kepada Singgalang, Selasa (19/9) mengungkapkan,sebagai salah satu pelanggan PDAM, sudah pasti saat ini kebutuhan air untuk berbagai keperluan sekolah.

“Kami punya kegiatan rutin melaksanakan Shalat Duha dan Zuhur setiap hari. Sedangkan air PDAM, saat ini tidak masuk karena rusaknya jaringan akibat  galodo,“ kata Hasbianto.

Direktur PDAM Solsel Yalfis kepada Singgalang menjelaskan saat ini, bantuan hydran umum sudah datang sebanyak 10 buah dan ditempatkan di 10 titik pula. Selain itu, untuk bencana di Kecamatan KPGD ini telah pula datang bantuan pipa untuk menyalurkan sumber air ke lokasi hidran umum.

“saat ini baru datang 10 unit hydran umum dan bantuan pipa, direncanakan besok akan datang lagi sebanyak 10 unit lagi beserta pipa”, kata Yalfis.

Saat ini, pihak teknisi PDAM didukung dengan tenaga lainnya, tengah memasang pipa air untuk suplai ke 10 lokasi. (afrizal amir)