Kronologi Aksi PNS Gagalkan Perampokan dan Tangkap Pelaku

Kapolres Padang Pariaman, AKBP Roedy Yoelianto tengah menginterogasi Melani, salah seorang perampokan (ist)
Kapolres Padang Pariaman, AKBP Roedy Yoelianto tengah menginterogasi Melani, salah seorang perampokan (ist)

PADANG PARIAMAN – Seorang PNS, Yogi Defrigon berhasil menggagalkan aksi perampokan. Dibantu adiknya, Yogi juga dapat menangkap salah seorang dari empat pelaku yang hendak merampoknya, Jumat (14/10).

Tersangka yang diciduk bernama Melani (24), warga Curup, Rejang Lebong, Bengkulu. Ia ditangkap Yogi karena ketahuan mengambil uang miliknya senilai Rp70 juta dari dalam mobil yang parkir di pinggir jalan di depan rumahnya di Gunuang Basi, Pauah Kamba, Nan Sabaris, Padang Pariaman.

Kapolres Padang Pariaman, AKBP Roedy Yoelianto menyebutkan, sebelumnya korban baru saja kembali mengambil uang dari salah satu bank di Kota Pariaman. Sesampai di depan rumah, korban turun dari mobil Honda Jazz, BA 1438 RG yang dikemudikannya untuk membuka pintu gerbang. Pada saat itulah empat tersangka yang diduga telah membuntutinya melancarkan aksinya.

Para tersangka membutunti korban dengan dua sepeda motor jenis Yamaha Mio dan Honda Beat. Begitu melihat korban turun dari mobil, Melani, salah seorang pelaku yang berboncengan langsung turun dan membuka pintu mobil korban.

Melihat hal itu Yogi buru-buru mengejar pelaku. Sempat terjadi tarik- menarik dan duel antara korban dengan pelaku. Menyadari posisinya dalam keadaan terancam, Yogi pun berteriak minta tolong

Mendengar teriakan tersebut,adik korban keluar dari rumah. Sejumlah warga juga tampak mendatangi lokasi. Dan, mungkin menyadari diri mereka dalam bahaya, tiga tersangka lain yang masih berada di atas motor langsung tancap gas. Mereka kabur ke arah Ulakan, meninggalkan temannya Melani.

Ia sempat berusaha kabur ke dalam kebun. Tetapi pria itu tersungkur hingga akhirnya ditangkap massa. Setelah babak belur datang petugas, mengamankan tersangka dan dibawa ke Mapolsek Nan Sabaris.(man)