Kronologi Kecelakaan di Sijunjung yang Tewaskan 4 Penumpang Calya

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PADANG – Empat penumpang Toyota Calya tewas seketika setelah mobil dengan nomor polisi BH 1843 KE itu bertabrakan dengan truk Fuso di Jalan Lintas Sumatera, Tanjung Gadang, Sijunjung, Senin (11/9).

Para korban tewas yakni Amirudin (80), Lomsari (70), Lisna (35) dan Ramdi (6). Mereka merupakan warga Blok B Sitiung V, dan Sungai Rumbai Sitiung 3 Blok C, Dharmasraya.

Sementara penumpang lainnya luka-luka, yakni Rifai (3), Amel (3), Mariyanti (30), Alfi (13), Juwita (23) dan Setiawan (3), termasuk sopir minibus itu Hasyim (35). Para korban luka ini dirawat di RSUD Sijunjung.

Wakapolres Sijunjung Kompol H Siregar mengatakan, pihaknya tengah menyelidiki penyebab kecelakaan maut itu. Dugaan sementara sopir Calya mengantuk berkendara, sehingga mobil tak terkendali.

“Itu baru dugaan sementara dari keterangan saksi, dan olah TKP. Untuk lebih jelasnya masih didalami,” ujarnya didampingi Kapolsek Tanjung Gadang Iptu Mendrofa.

Awalnya sekitar pukul 10.30 WIB Calya dikemudikan Hasyim, warga Blok B Sitiung V Dharmasraya melaju dari arah Solok menuju Dharmasraya. Didalamnya terdapat 12 orang, empat anak- anak.

Sesampai di Jorong Guguk Naneh, Kenagarian Tanjung Gadang mobil itu melaju agak ke kanan. Diduga sopir mengantuk sehingga loss control. Sementara dari arah berlawanan melaju truk Fuso BA 9112 AU yang dikemudikan Yulman, warga Padang Pariaman.

“Dikarenakan Jarak antar kedua kendaraan sudah terlalu dekat, masing-masing sopir tak bisa untuk mengelak, tabrakan pun terjadi,” tambah Kanit Lantas Polsek Tanjung Gadang Aiptu Anton.

Warga yang mengetahui kejadian itu langsung berupaya membantu para korban. Empat orang tewas di lokasi kejadian. Sementara delapan lainnya yang mengalami luka-luka dibawa ke Puskesman Tanjung Gadang untuk mendapat perawatan, dan kemudian dirujuk ke RSUD setempat.

Sementara sopir truk dibawa ke Mapolres untuk diperiksa. Kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan disita sebagai barang bukti.  Calya naas itu pun remuk akibat insiden ini. (arief)