Toko Taki
Menu Click to open Menus
Toko Taki
Home » Utama » Kuota CPNS Sumbar Belum Jelas

Kuota CPNS Sumbar Belum Jelas

(53 Views) July 17, 2013 7:41 am | Published by | No comment

PADANG –  Singgalang Meski ada rencana memajukan agenda penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), hingga sekarang kuota CPNS untuk Pemprov Sumbar belum juga keluar. Sementara Pemprov sudah melengkapi semua persyaratan dengan lengkap sejak lama.

“Kita hanya dapat informasi lisan dari pusat seperti di Singgalang itu. Buktinya sampai sekarang belum ada informasi berapa kuota Sumbar,” sebut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Jayadisman, Selasa (16/7).
Disampaikannya, jangankan untuk kuota formasi pelamar umum, untuk honorer kategori dua (K2) belum ada kejelasan sampai sekarang. Hanya saja, selaku Kepala BKD dia diundang ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) tanggal 18 Juli mendatang. Namun undangan itu belum jelas, apakah terkait dengan penerimaan CPNS atau tidak.
Katanya, meski moratorium sudah dibuka, namun untuk dapat menerima CPNS harus melengkapi banyak syarat. Seperti, serapan APBD pemerintah daerah tidak boleh lebih dari 50 persen untuk belanja pegawai. Kemudian, berapa kategori (K1) sudah diterima dan (K2) akan diterima bulan depan. Termasuk jumlah kuota penerimaan praja IPDN dan jumlah PNS yang pensiun tiap tahunnya.
“Memang sudah ada undangan, tapi ini belum jelas untuk apa kami hadir,” ujarnya.
Dikatakannya, 2013 ini Pemprov Sumbar sudah mengajukan sebanyak 930 CPNS ke Menpan. Karena tiap tahun jumlah tenaga teknis terus berkurang. Apalagi, dari 2.000 PNS diterima tahun 2005 melalui jalur honorer tidak banyak dapat mendukung kinerja Pemprov.
“Kita sudah ajukan sebanyak 930 formasi, pada umumnya untuk tenaga teknis, seperti bidan, akuntan dan guru,” ujarnya.
Rencananya tahun ini semua proses

seleksi akan dilakukan oleh pemerintah pusat. Bahkan, perguruan tinggi yang akan melakukan pengujian juga ditunjuk langsung oleh pusat. “Kita hanya menerima hasilnya saja,” ujar dia.
Kekurangan akuntan
Sebelumnya, Gubernur Irwan Prayitno mengakui saat ini kualitas sumber daya manusia (SDM) PNS di lingkungan Pemprov Sumbar masih rendah. Diperlukan langkah-langkah tertentu untuk meningkatkan kinerja. Seperti dengan melakukan rotasi dan berbagai kebijakan masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD).
Di sisi lain jumlah PNS Pemprov Sumbar sudah banyak. Hanya saja tidak banyak yang dapat ditempatkan pada posisi teknis. Kondisi itu akibat penerimaan honorer jadi PNS tahun 2005 sebanyak 2.000 orang.
“Kita masih sulit melakukan reformasi birokrasi, karena memang SDM itu yang masih rendah. Meski kita berikan pelatihan hingga 10 kali, jika kualitas rendah, tidak ada hasilnya juga,” sebut Irwan.
Di lain pihak, pemerintah menyatakan akan memajukan seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) jalur pelamar umum dari Oktober menjadi September. Tetapi sayangnya, seleksi ini tidak dilakukan serentak. Pelamar akan dites bergantian di hari yang berbeda.
Percepatan penerimaan CPNS itu, diumumkan Asisten Deputi Perencanaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN), Arizal seperti tertuang dalam situs resmi Sekretariat Kabinet, Senin (15/7).
Ia mengatakan, dimajukannya jadwal pelaksanaan seleksi CPNS untuk umum itu dimungkinkan setelah Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelesaikan program Computer Assisted Test (CAT) di seluruh kantor regionalnya. (*)

Categorised in:

No comment for Kuota CPNS Sumbar Belum Jelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>