Lagi, Kempo Sumbang Emas

Anggi Prasetya dan Vijay Maulana dua dari 14 kenshi Sumbar yang merebut emas PON XIX. (dede)
Anggi Prasetya dan Vijay Maulana merebut emas PON XIX. (dede)

BANDUNG – Cabang kempo mempertahankan tradisi menyumbang emas dalam Pekan Olahraga Nasional (PON). Cabang tersebut menyumbangkan dua emas bagi Sumatera Barat.

Dalam PON XIX Jawa Barat, emas pertama disumbangkan pasangan Anggi Prasetia dan Vijay Maulana. Mereka meraih emas dalam nomor seni embu campuran. Emas kedua diraih atlet Niko, Rabu (28/9).

Dalam pertandingan Sasana Budaya Ganesha, Institut Teknologi Bandung. Niko mengalahkan atlet Papua, Charlie. Pertarungan antara Niko dengan Charlie berjalan ketat hingga waktu normal berakhir, hingga pertandingan dilanjutkan dengan waktu tambahan. Lantaran nilai masih tetap sama, maka pemenang ditentukan oleh keputusan wasit.

Hasilnya, Niko dinyatakan sebagai pemenang di pertandigan kelas 65 kilogram tersebut. Atlet kempo lainnya yang maju ke final, Ary Parmanto gagal menyumbangkan medali emas.

Pertandingan di kelas 70 kilogram itu, Ary kalah dari atlet Maluku. Ary harus puas dengan medali perak. Cabang kempo diikuti 196 atlet dari 29 provinsi dan mempertandingkan 17 nomor yang terdiri dari 11 nomor embu (kerapihan teknik), dan enam nomor randori (tarung).  

Kempo telah menyelesaikan seluruh pertandingan, hasilnya Sumbar mengoleksi dua emas, satu perak dan satu perunggu. Ketua Umum Perkemi Sumbar, Syamsu Rahim kepada Singgalang, menyatakan bangga atas perjuangan atletnya. (edwardi)