Lakukan Ini, Agar Mata Selalu Jernih

MESKIPUN kecil, mata adalah organ yang berjasa untuk membuat kita mampu melihat dunia. Untuk menjaga mata selalu jernih dalam melihat, kita bisa melakukan hal-hal kecil setiap waktu untuk menjaganya tetap sehat. Berikut adalah beberapa tips untuk melindungi dan menjaga penglihatan Anda, sebagaimana dilansir dari Zeenews.

Gunakan pelindung UV

Pantulan sinar matahari yang bisa didapat kapan saja kita keluar rumah dapat merusak mata perlahan demi perlahan. Pada kasus yang ekstrim, sinar ultraviolet dari matahari yang terlalu banyak membanjiri retina dapat menyebabkan kebutaan. Baiknya, gunakan kacamata pencegah radiasi UV kacamata atau pelindung seperti topi untuk memberikan perlindungan yang akurat untuk kegiatan tertentu.

Cuci mata

Mencuci wajah, terutama mata, dengan air tawar 10-15 kali dikatakan mampu mengatasi kelelahan mata dan menjaga kelembaban yang dibutuhkan agar penglihatan tetap jernih.

Tidur yang cukup

Kesehatan mata adalah alasan Anda harus tidur cukup setiap malam. Dengan istirahat, mata Anda dapat kembali pulih dari kelelahan dan berfungsi dengan baik untuk melihat.

Pemeriksaan mata secara teratur

Jangan abaikan pemeriksaan mata, meskipun Anda belum merasakan adanya gangguan penglihatan yang berarti. Selain penting untuk meningkatkan kualitas penglihatan, pemeriksaan mata juga membantu mendeteksi masalah mata seperti katarak, glaukoma, dan degenerasi makula lebih dini. (lek)

agregasi okezone1