Lanud Padang Berganti Nama Jadi Lanud Sutan Sjahrir

Peresmian nama Lanud Sutan Sjahrir (yuni)
Peresmian nama Lanud Sutan Sjahrir (yuni)

PADANG – Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Padang resmi berganti nama menjadi Lanud Sutan Sjahrir atau disingkat SUT, Rabu (2/11).

Pergantian nama itu oleh Panglima Koopsau (Pangkoopsau) I, Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna diharapkan bisa meningkatkan kebanggaan masyarakat terhadap pahlawannya.

Menurutnya, pemberian nama dengan menggunakan nama pahlawan sebagai wujud penghormatan atas jasa-jasa dan pengabdian para pejuang terhadap bangsa dan negara, terutama juga pengabdian pada Angkatan Udara.

“Ini juga upaya pelestarian nilai-nilai juang pada masyarakat yang daerahnya memiliki pangkalan udara, sehingga tercipta jiwa, semangat juang dan rasa kebanggaan terhadap pahlawan nasional dan tokoh pejuang daerahnya,” katanya.

Perubahan nama berdasarkan pada Surat Keputusan Komandan Staf Angkatan Udara (Kasau) Kep/678/X/2016 tertanggal 21 Oktober 2016 tentang Perubahan nama Pangkalan TNI Angkatan Udara Padang menjadi Lanud Sutan Sjahrir. Pergantian ini sejalan dengan perubahan nama Lanud lainnya yang ada di Koopsau I.

“Koops I TNI AU ada tujuh yanh masih menggunakan nama daerah, yaitu Lanud Lampung, Palembang, Padang, Tanjung Pinang, Ranai, Singkawang, dan Wirasaba,” bebernya didampingi Komandan Lanud Sutan Sjahrir, Kol. Pnb. I Putu Gede Swastika.

Sementara Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik perubahan nama Lanud itu. Bahkan, sangat mendukung penggunaan nama Sutan Sjahrir sebagai nama Lanud, karena pahlawan nasional ini akan memberikan semangat bagi anak bangsa di daerah ini.

Ahli waris pahlawan nasional itu, yakni dua anaknya Kriya Arsyah Sjahrir dan Siti Rabyah Parvati Sjahrir berharap perubahan nama Lanud menjadi nama ayah mereka bisa memberikan manfaat. (yuni)