Ledakan Kompor Gas Nyaris Hanguskan Rumah di Lubuk Alung

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PARIK MALINTANG – Kebakaran hebat nyaris saja terjadi di Gantiang, Koto Buruak, Nagari Lubuk Alung, Selasa (19/9) siang sekira pukul 10.45 WIB.

Kejadian bermula, ketika Marnis (54) sedang menghangatkan makanan dengan kompor di rumahnya. Mungkin karena terlalu letih, Marnis meninggalkan kompornya dan berbaring di tengah rumah hingga ketiduran.

Berselang beberapa waktu terdengar bunyi ledakan dari arah dapur yang didengar oleh tetangganya.

Seketika salah seorang tetangga, Sap yang sedang lewat menuju ke arah bunyi ledakan dan melihat api sudah menjalar di dapur dan membakar semua yang ada di sekitar kompor. Tanpa pikir panjang, Sap langsung dibantu warga sekitar menyiramkan air ke arah api yang kebetulan tidak berapa jauh dari kamar mandi.

Sementara, tetangga Marnis yang lain memanggil-manggil Marnis yang tertidur pulas. Tiga kali tetangga memanggil, baru setelah panggilan keempat Marnis terbangun dan terkejut ketika melihat rumahnya sudah penuh dengan asap.

Tidak berselang lama, dua tim pemadam kebakaran Padang Pariaman dan satu unit dari Kota Pariaman tiba di lokasi dan melakukan pendinginan guna mengantisipasi api hidup dan membesar kembali. (damanhuri)