Leonardy Dukung Kerja Sama KPN Kapur Warna dengan Minang Mart

Leonardy Harmainy saat berkunjung ke Minang Mart bekerja sama denganKPN Kapur Warna. (zul)

PADANG – Anggota Komite IV DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa mengunjungi Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kapur Warna Nanggalo yang mendukung program Minang Mart.

Leonardy Harmainy tertarik karena program itu bertujuan untuk memajukan usaha ritel koperasi dan mensupport produk UMKM Sumbar dengan mengalokasikan 30 persen produk UKM ada di jaringan Minang Mart.

Mendengar penjelasan Ketua KPN Kapur Warna Risman D, Sekretaris Nurisma, Bendahara Ernawati dan Pengawas Zaini Zein, Leonardy menangkap sisi untung Minang Mart.

“Ada untungnya juga join dengan Minang Mart, kita bisa klaim produk yang expire kepada Minang Mart. Margin keuntungan pun hanya dinikmati koperasi atau usaha perorangan yang menjadi mitra mereka. Tidak mematikan kedai kecil di sekitarnya. Ini  menarik,” tukas Leonardy.

Minang Mart membantu dari segi IT. Sumberdaya manusia mereka punya dan mau mendidik jika sumberdaya manusia berasal dari koperasi atau mitra perseorangan mereka. Minang mart membantu pula promosi barang yang kurang laku, dan memantau jalannya usaha ritel mitra.

Minang Mart hanya menarik keuntungan dari selisih harga antara produsen dengan mitra. Hasil usaha yang ikut mereka tangani dipersilakan dinikmati koperasi/mitra.

“Kini mereka menikmati hasilnya, punya omset Rp11 juta – Rp14 juta per hari dari ritel. Keuntungan bisa tahu langsung,” ujar Leonardy setelah diperlihatkan transaksi hingga sore saat Leonardy berkunjung men capai Rp11 juta dengan total konsumen 336 orang dan margin keuntungan 10,5 persen.

Usaha beragam dari Koperasi Kapur Warna diapresiasi Leonardy. Apalagi Risman dan pengurus yang sama-sama pensiunan guru itu bertekad mengembangkan usaha kopi Arabica. Risman dan 30 anggota telah studi banding ke KPSU Solok Radjo di Alahan Panjang. (zul)