Leonardy Tawarkan Solusi Kebutuhan Air Masyarakat Bukittinggi

Anggota DPD, Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa memaparkan harapan dan sejumlah solusi terhadap beberapa persoalan yang mengemuka di Bukittinggi, Senin (6/11). (zulfadli)
Anggota DPD, Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa memaparkan harapan dan sejumlah solusi terhadap beberapa persoalan yang mengemuka di Bukittinggi, Senin (6/11). (zulfadli)

PADANG – Air PDAM yang semakin sulit dinikmati warga Bukit Cangang. Debit air kecil, tak setiap hari mengalir. Itu pun hanya beberapa jam saja. Kebocorannya pun tinggi.

Keluhan masyarakat ini cukup mengemuka dalam pertemuan pada reses Anggota DPRD Bukittinggi, H. Trismon, di kediamannya, Senin (6/11/2017). Mereka ingin agar Trismon bisa menjembatani hal ini.

Trismon yang telah lama mendengar hal ini, dalam resesnya menghadirkan dinas/instansi terkait.

Trismon menegaskan, terkait persoalan air PDAM yang seolah mengalir bergantian, selain embung Batang Tambuo dan perbaikan pipa PDAM Tirta Jam Gadang, bisa juga mencari alternatif lain. Salah satunya melirik sumber air berlimpah di daerah tetangga, Koto Gadang.

“Pemilik sumber air itu ada di sini bersama kita. Kakanda Leonardy ini Ketua KAN Koto Gadang yang besar di Bukittinggi. Mudah-mudahan dengan bantuan dan dukungan anggota DPD RI ini permasalahan air ini teratasi,” lanjut Trismon.

Menanggapi harapan warga, Leonardy Harmainy mempersilakan pihak PDAM untuk memanfaatkan sumber air di Koto Gadang sesuai aturan yang berlaku.

Leonardy mengakui di nagarinya banyak sumber air. Satu di antaranya Pincuran Barameh.

Kasubag Perencanaan PDAM Tirta Jam Gadang, Nasrul membenarkan sumber air di Koto Gadang berlimpah. Setahu dia, masyarakat di sana dulu telah pernah menyetujui sumber air itu dialirkan ke Bukittinggi. Hanya saja terkendala izin dari pemerintah kabupaten.

Kini tengah diupayakan untuk menanganinya lewat program SPAM Regional. Program masih dibahas di tingkat provinsi. (zul)