Lomba Takbiran Meriahkan Idul Adha di Padang Panjang

PADANG PANJANG – Guna menyambut sekaligus memeriahkan hari raya Idul Adha 1437 H, PHBI Kota Padang Panjang mengadakan lomba takbiran antar kelurahan. Babak penyisihan digelar Sabtu (10/9) malam di halaman Kompi Markas Secata B, sementara final digelar malam nanti di lokasi yang sama.

Lomba yang baru pertama kali digelar itu mendapat perhatian besar dari masyarakat. Setiap grup (kelurahan) yang berlomba membawa serta banyak pendukungnya, terutama perangkat kelurahan, tokoh masyarakat dan majelis taklim. Tak kurang sekitar 500-an orang menyaksikan acara itu.

Ada 9 kelurahan yang turut ambil bagian dalam lomba itu, yakni Pasar Usang, Silaing Bawah, Pasar Baru, Kampung Manggis, Bukit Surungan, Balai-Balai (Kecamatan Padang Panjang Barat), Sigando, Ngalau dan Tanah Pak Lambiak (Kecamatan Padang Panjang Timur).

“Ada enam grup yang akan berlaga di final. Selain penampilan grup, banyaknya pendukung juga turut mempengaruhi penilaian. Sang juara nantinya akan didaulat menjadi pemandu takbiran jelang Shalat Idul Adha di Lapangan Kantin,” kata Ketua PHBI yang juga Kakan Kemenag Alizar Chan.

Selain memeriahkan Idul Adha, lomba takbiran itu ditujukan untuk melahirkan kader yang akan memandu takbiran di setiap hari raya, Idul Fitri dan Idul Adha. “Insya Allah lomba ini bakal jadi agenda rutin kita,” kata Alizar lagi. (jasriman)