LSI: Ahok Berpotensi Tersingkir di Putaran Pertama

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (antara foto)
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (antara foto)

JAKARTA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil poling terbarunya terkait elektabilitas pasangan gubernur petahana DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, pasca-ditetapkannya Ahok sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama.

Dalam hasil surveinya itu, LSI menempatkan pasangan Ahok-Djarot di urutan terbawah yakni 10,6%, jauh tertinggal dari pesaingnya nomor urut tiga, Anies-Sandi yang memperoleh 31,9%. Sementara pasangan Agus-Sylvi menempel ketat di bawah Anies-Sandi dengan 30,9%.

Peneliti LSI, Ardian Sopa mengatakan, apabila kondisi tersebut terus berlanjut, maka bukan tidak mungkin pasangan Ahok-Djarot tereleminasi di putaran pertama pada Pilgub DKI Jakarta yang bakal diselenggarakan pada 15 Februari 2017.

“Sebelum tersangka pun Ahok terus merosot, ada penurunan. Bahkan berpotensi akan tersingkir di putaran pertama,” jelas Ardian di kantornya di Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (18/11)

Survei terbaru LSI itu berlangsung pada 31 Oktober hingga 5 November 2016 menggunakan metode multirandom sampling. Survei dilakukan dengan tatap muka terhadap 440 responden yang merupakan warga Ibu Kota dengan menyelipkan pertanyaan ‘Jika Pak Ahok tersangka, kira-kira mana yang bapak ibu yang akan pilih?’ dengan margin of error 4,8%. (aci)

agregasi okezone1