Lubuk Alung Dapat Program Sanimas IDB

Camat Lubuk Alung Imran Rafi’i foto bersama di gerbang program Sanimas IDB Ambacang, Nagari Pungguang Kasiak Lubuk Alung. (damanhuri)

PARIK MALINTANG – Lubuk Alung dapat empat program Sanimas Islamic Development Bank (IDB) Pemkab Padang Pariaman. Program tahun anggaran 2017 itu diserahkan kepada masyarakat awal tahun ini di Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Berkah Jaya, Korong Ambacang, Nagari Pungguang Kasiak Lubuk Alung.

Camat Lubuk Alung Imran Rafi’i kepada Singgalang menyebutkan, selain di Ambacang, pembangunan yang sama juga dilakukan di Kampuang Tangah, Kampuang Baru, Nagari Pungguang Kasiak dan satu lagi di Nagari Aie Tajun Lubuk Alung.

“Sanimas IDB berupa pembuangan masyarakat, baik dari hasil buang air kecil maupun buang air besar, akan menjadi nilai lebih di tengah masyarakat,” kata dia, Minggu (7/1) di Lubuk Alung.

Menurut dia, dulu, masyarakat membuang hajat ke kolam ikan di belakang rumahnya, yang tentunya menimbulkan bau yang tidak enak, dan pada akhirnya melahirkan dan menyebarkan penyakit.

Sekarang, dengan Sanimas IDB semua masyarakat di korong itu bisa memanfaatkannya, dan juga tidak lagi menimbulkan bau yang kurang sedap.

Katanya lagi, satu proyek ini nilainya mencapai Rp225 juta. “Kita berharap, tahun ini juga akan ada pembangunan yang sama di korong lainnya yang memang membutuhkan hal demikian,” harapnya. (damanhuri)

 

Loading...
BAGIKAN