Toko Taki
Menu Click to open Menus
Toko Taki
Home » Utama » Magang di Jepang Rp10 Juta Sebulan

Magang di Jepang Rp10 Juta Sebulan

(150 Views) July 4, 2012 2:59 pm | Published by | No comment

Jakarta, Singgalang
Kabar gembira untuk para lulusan SLTA. Ada tawaran program pemagangan ke Jepang. Negeri Matahari Terbit itu membuka program pemagangan dengan tawaran yang cukup menarik.
Program ini bagian dari kerja sama antara Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) bersama International Manpower Development Organization Japan (IM Japan) Sebagaimana diwartakan detikFinance, bagi yang tertarik bisa datang ke acara Magang Expo 2012 di Gedung Serba Guna Kemenakertrans, Jl. Gatot Soebroto, Jakarta. Pameran ini berlangsung dari tanggal 3-5 Juli 2012.
IM Jepang menyediakan proses pemagangan untuk sektor manufaktur, pengelasan, pengecoran cetak, pengecatan logam, penjahitan, percetakan permesinan, pembuatan peralatan tidur, pengolahan makanan olahan dari ikan mentah, pemitaan, pemeriksaan mesin, pandai besi, operator mesin, pemasangan kerangka beton dan lain-lain.
Program ini dikhususkan untuk lulusan SLTA/sederajat dengan usia menimal 19,5 tahun hingga 26 tahun untuk pria. Tidak disediakan untuk kaum wanita. Program ini berlangsung selama 3 tahun.
“Kita terima saja dulu, siapa saja pelamarnya, akan kita ajukan ke IM Jepang melalu Kemenakertrans,” kata staf Training Development IM Jepang Cristina kepada detikFinance di sela-sela Magang Expo, Jakarta, Selasa (3/7)
Ia menuturkan program ini, terdiri dari berbagai tahapan, yaitu program pemagangan bulan pertama di Jepang atau masa training yang apabila lulus akan mendapatkan izin tinggal di Jepang dan masuk ke tahap berikutnya.
“Biaya yang diperlukan peserta selama proses seleksi hingga keberangkatan sebesar 10.000 yen (Rp1,1 juta) untuk uang saku dan biaya-biaya lain yang mereka tanggung sendiri, medical check up, biaya perjalanan dari daerah keberangkatan, paspor, visa, airport tax,” katanya.
Kedua, masa technical intern training. Pada masa ini perserta sudah dilindungi UU Perburuhan Jepang. Peserta akan mendapat tunjangan sebesar 80.000 yen (sekitar Rp8 juta) per bulan. Pada periode ini peserta tak ada kerja lembur.
Rinciannya, pada tahun pertama akan menerima tunjangan sebesar 90.000 yen per bulan (Rp9 juta), tahun kedua sebesar 100.000 yen per bulan (sekitar Rp10 juta), untuk tahun ketiga sama jumlahnya.
“Tidak boleh matanya minus atau memakai kontak lensa, atau buta warna,” katanya.
Pada Magang Expo ini juga ada tawaran magang dari perusahaan di dalam negeri antara lain Bank Mandiri, 7-Eleven. Juga ada tawaran dari PT JIAEC (Japan Indonesian Economic Center) yang menjadi pelopor perusahaan yang menawarkan pemagangan. (*)

Categorised in:

No comment for Magang di Jepang Rp10 Juta Sebulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>