Mahasiswa Gelar Aksi 121 Serentak di 19 Daerah Besok, Ini Tuntutannya

Mahasiswa Unand saat berdemo di DPRD Sumbar. (desrian)
Mahasiswa Unand saat berdemo di DPRD Sumbar. (desrian)

JAKARTA – Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar aksi unjuk rasa secara serentak di 19 titik wilayah se-Indonesia, Kamis (12/1) sekira pukul 10.00 WIB.

Para mahasiswa dalam Aksi Unjuk Rasa Bela Rakyat 121 itu bakal menyatakan penolakan dengan tegas PP No. 60 Tahun 2016 dan menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk mencabut PP tersebut, dan menuntut Jokowi-JK untuk membuat kebijakan yang pro terhadap rakyat.

Kemudian mengecam keras pemerintah dan jajarannya yang saling “cuci tangan” dengan kebijakan yang dibuat, dan meminta pemerintah untuk transparansi dan sosialisasi dalam setiap menentukan suatu kebijakan.

Para mahasiswa juga akan menyuarakan penolakan kenaikan tarif listrik golongan 900VA, dan mendesak dikembalikannya subsidi untuk tarif listrik golongan 900VA.

Menurut Koordinator BEM Se-Jabodetabek dan Banten (BSJB) Fitri Azmi, massa BEM yang tergabung dalam BEM Se-Jabodetabek dan Banten, termasuk di dalamnya BEM Bekasi Kota/Kab Bekasi akan turut ikut menggelar aksi 121 di depan Istana Negara. Namun, untuk titik keberangkatan massa diserahkan ke ketua BEM masing-masing.

“Sedangkan titik kumpul terakhir massa BEM Se-Jabodetabek dan Banten di DKI Jakarta rencananya sebelum bergerak ke depan Istana Negara, para mahasiswa akan berkumpul terlebih dahulu di Bundaran HI Jakpus, dengan estimasi massa mahasiswa BEM Se-Jabodetabek dan Banten kurang lebih 500 s/d 700 orang,” ujar Fitri, Rabu (11/1)

Selain di Jakarta, 18 wilayah se-Indonesia lainnya yang turut menggelar aksi121 serentak beserta titik aksinya adalah Aceh, Padang, Riau, Jambi, Palembang, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Mataram, Gorontalo dan Merauke. (aci)