Toko Taki
Menu Click to open Menus
Home » Padang » Mall Simpang Haru Segera Terwujud

Mall Simpang Haru Segera Terwujud

(29 Views) February 1, 2013 6:23 am | Published by | No comment

PADANG — Perpaduan pasar tradisional dan modern segera terwujud di Simpang Haru, Padang Timur. Walikota Fauzi Bahar melakukan penandatanganan prasasti sekaligus membuka selubung pembangunan Mall Domestic Commercial Centre (DCC) Simpang Haru, menandai dimulainya pembangunan pusat perbelanjaan tersebut. Sementara, puluhan pedagang melakukan aksi demo.

DCC SIMPANG HARU

“Kita harap pembangunan pusat perbelanjaan ini akan menggerakkan perekonomian Kota Padang, khususnya Simpang Haru di masa yang akan datang,” kata Fauzi Bahar saat penandatanganan prasasti, Kamis (31/1).
Pembangunan DCC Simpang Haru oleh PT Adiwira Ikaputra ini menelan dana Rp150 miliar. DCC Simpang Haru akan dibangun lima tingkat. Pusat perbelanjaan itu akan dilengkapi game centre, pusat oleh-oleh Minang, elektronik solution, fashion dan bioskop.
Selain itu, mall ini juga akan dilengkapi dengan taman dan perparkiran. Kawasan DCC ini mencakup area eks pabrik karet. Lantai bawah dipersiapkan untuk menampung pedagang Pasar Simpang Haru, sementara lantai selanjutnya untuk pedagang lainnya.
Fauzi Bahar menyebutkan, mall ini cukup potensial akan berkembang pesat. Sebab lokasinya berdekatan dengan stasiun Simpang Haru. “Artinya orang dari luar kota khususnya Pariaman bisa langsung ke pusat perbelanjaan ini, apakah hanya sekadar mendinginkan badan atau berbelanja,” katanya.
Dikatakan, dengan adanya pembangunan ini, artinya akan menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Pa dang yang memang sangat membutuhkan lapangan kerja.
“Usai gempa 2009 lalu, banyak muncul pengangguran karena banyak pengusaha yang eksodus keluar Sumbar. Namun dengan pembangunan mall ini, akan bisa ditampung ratusan mungkin ribuan tenaga kerja,” katanya.
Sementara Direktur PT Adhiwira Ikaputra H. Dasrul Lamsuddin menyatakan, mall ini akan menjadi tujuan dan solusi belanja keluarga di masa yang akan datang. “Kita berharap mall ini akan menjadi one stop shoping centre, artinya apa saja kebutuhan masyarakat ada di sana,” katanya.
Ia berharap pembangunan mall akan mendapat dukungan dari masyarakat sekitar, karena jelas akan membawa dampak yang cukup baik bagi pergerakan perekonomian masyarakat.

Diwarnai Demo
Sementara itu, menjelang penandatanganan prasasti itu, puluhan pedagang Simpang Haru melakukan aksi demo. Mereka takut akan ter gusur dari pasar itu, saat pem bangunan itu telah selesai.
“Kita khawatir pedagang kecil di Pasar Simpang Haru akan tergusur karena mahalnya harga kios yang ditetapkan investor. Makanya kita minta kebijakan walikota memberi kemudahan bagi kami,” kata Ketua Persatuan Pedagang Pasar Simpang Haru, Alinur.
Aksi demo itu berlangsung tertib. Bahkan saat Walikota Fauzi Bahar sampai di lokasi itu, para pedagang berebut menyalami wako.
Menanggapi kekhawatiran pedagang itu, Fauzi berjanji akan membantu memfasilitasi pedagang dengan investor dalam mendudukkan harga kios. Nantinya ketika mall itu selesai, pedagang Simpang Haru akan diberi kemudahan.
“Kios-kios mereka yang ada sekarang akan kita nilai, dan kita jadikan aset mereka untuk masuk ke pusat perbelanjaan ini. Selain itu juga akan ada diskon khusus,” katanya. (105/103)

Categorised in:

No comment for Mall Simpang Haru Segera Terwujud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>