Manfaatkan Tahun Baru Hijriyah Momen Bermuhasabah

Wakil Bupati Agam saat peringatan tahun baru Hijriyah. (mursyidi)
Wakil Bupati Agam saat peringatan tahun baru Hijriyah. (mursyidi)

LUBUK BASUNG –  Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria berharap peringatan tahun baru Hijriyah 1438 H/2016 M tidak sekadar menjadi ajang seremonial belaka. Akan tetapi dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi diri atau  bermuhasabah atas tindakan selama ini.

Hal itu disampaikan saat acara Peringatan Tahun Baru Islam di halaman kantor nagari Lubuk Basung, Sabtu malam (1/10).

“Melalui muhasabah tersebut, dapat dilakukan perubahan sikap dalam setiap individu untuk melakukan yang lebih baik lagi di masa mendatang,” katanya.

Selain itu, tindakan yang kurang baik dan dosa yang pernah dilakukan tidak lagi diperbuat demi meningkatkan potensi diri sehingga mampu menjadikan diri bermanfaat bigi diri dan lingkungan sekitar.

Mudah-mudahan saja dengan momen tersebut mampu mewujudkan makna hijrah dalam bentuk pindah dari perbuatan yang tidak baik menuju tindakan yang berguna di mana saja berada.

“Semuanya harus dibuktikan dalam bentuk amal nyata, demi kemajuan diri dan semakin syiarnya ajaran Islam di tengah masyarakat,” katanya.

Dalam kaitan dengan hal itu, Walinagari Lubuk Basung Darma Ira Putra menegaskan, bahwa momen tahun baru tersebut sudah menjadi agenda di pemerintahan nagari. (mursyidi)