Marquez Finis Terdepan di Aragon, Rossi Ketiga

JAKARTA – Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menuntaskan dominasinya dalam MotoGP Spanyol, setelah finis tercepat, Minggu (25/9) di Sirkuit Motorland Aragon dengan catatan waktu 40 menit 57,678 detik.

Karakter sirkuit Aragon yang cukup sulit membuat balapan sangat kompetitif. Marquez yang sempat memimpin di lap awal, melebar dan kepemimpinan diambil alih pebalap Suzuki Ecstar Maverick Vinales.

Valentino Rossi yang sudah dalam kelompok empat pebalap terdepan, pada lap keempat berhasil menyusul rekan setimnya Jorge Lorenzo untuk merebut posisi kedua di belakang Vinales.

Namun, Marquez yang sudah sempat tercecer, secara perlahan terus merangsek ke depan hingga berada di posisi keempat di belakang Lorenzo.

Rossi sempat mengambil alih posisi terdepan dari Vineles, sebelum pada 12 lap tersisa, Marquez melaju kencang dan menguntit di belakang Valentino Rossi.

Kurang dari delapan lap tersisa, Marquez memanfaatkan kesalahan Rossi yang membelok terlalu melebar. Memimpin pada lap-lap akhir, Marquez mamacu motornya dan jauh meninggalkan Rossi.

Sementara Rossi yang pada lap-lap akhir motornya tampak melambat, pada lima lap disusul oleh Lorenzo, yang juga telah menaklukkan Vinales.

Lorenzo finis di tempat kedua untuk tetap menjaga kesenjangaan poin dengan Rossi tidak terlalu jauh, sedangkan Rossi yang finis ketiga jelas makin terpaut jauh dengan pemuncak klasemen Marquez.

Pebalap Suzuki Vinales setelah melebar, akhirnya mempertahankan posisinya dan finish di urutan keempat, diikuti Cal Crutchlow dari LCR Honda diurutan kelima. Rekan Marquez di Honda, Dani Pedrosa, finish di tempat keenam.(lek)

sumber:antara