Maskapai Sriwijaya Air Membawa Backpacker Berlibur

Pesona Raja Ampat. (*)
Pesona Raja Ampat. (*)

PARIWISATA banyak mengenal istilah bagi pelaku wisata. Backpaking atau backpacker misalnya diberikan untuk  wisatawan yang bepergian dengan menggunakan back pack suatu alat sejenis tas yang nempel di punggung semacam ransel.

Terlihat perbedaan turis backpacker dengan turis pada umumnya, turis backpacker didominasi oleh kaum muda dengan aktifitas serta mobilitas yang tinggi berpindah dari suatu tempat ke tempat lain atau dari satu daerah ke daerah lainnya, mereka selalu mengujungi tempat wisata tanpa melalui biro perjalanan, yang terpenting adalah keinginannya bisa terpenuhi untuk menuju suatu lokasi wisata.

Tranportasi adalah yang dianggap penting untuk bisa menjangkau wilayah dimana terdapat objek wisata yang sangat menarik. Banyak Backpacker terlihat di lokasi-lokasi wisata di Indonesia karena Indonesia adalah surganya backpacker untuk berburu lokasi dan menikmati keindahan alam yang masih asri.

Dukungan moda transportasi pada saat ini sudah terbilang cukup memberikan apa yang dibutuhkan backpacker, khususnya transportasi udara. Saat ini maskapai penerbangan Sriwijaya tampil di depan membentangkan sayapnya memperluas rute penerbangan dari sabang sampai merauke karena Indonesia khususnya wilayah timur adalah tujuan utama bagi backpacker untuk berburu lokasi wisata dengan keasriannya.

Hal ini menjadi perhatian maskapai penerbangan Sriwijaya seiring dengan kemajuan teknologi digital saat ini orang bisa dengan mudah mencari apa yang diinginkannya, contoh kecilnya adalah mengenai informasi pembelian tiket pesawat dan booking hotel yang bisa dilakukan lewat laptop atau PC dan juga smartphone melalui koneksi internet.

Dengan kemajuan teknologi di era digital saat ini banyak situs-situs online tiket agent saling berlomba menjaring peminat dengan menjual tiket-tiket promo hanya Klik disini  saja sudah bisa mendapatkan informasi mengenai jasa penerbangan dan akomodasi lengkap tersaji.

Bagi Backpacker yang hanya memiliki smartpone, bertransaksipun bisa dilakukan tanpa harus print out, begitu juga tiketnya hanya dengan menunjukan kepada petugas bandara screen shoot transaksi di smartphone sudah bisa menikmati penerbangan kemana saja yang diinginkannya. Peluang inilah yang dirasakan oleh manajemen maskapai penerbangan Sriwijaya terus bekerja meningkatkan mutu pelayanan serta menambah armada pesawatnya untuk mengantisipasi lonjakan pelanggan di tahun-tahun mendatang.

Sriwijaya Air pada saat ini memang terbilang sangat pesat perkembangannnya dengan mengembangkan sayapnya dari Banda Aceh sampai Jayapura. Untuk melayani rute-rute baru khususnya kawasan Indonesia timur. Kawasan Indonesia timur memang menjadi incaran bagi backpacker maupun wisatawan karena terdapat keindahan alam yang masih terbilang asri dan alami serta menakjubkan. Terdapat tempat-tempat wisata yang mempesona yang tidak kalah menariknya dengan wilayah di luar negeri, tapi sayangnya promosi pariwisata kurang dilakukan secara maksimal baik oleh pemerintah daerah maupun pusat.

Sebenarnya ada atau tidak adanya promosi, Indonesia kaya akan keindahan alamnya contohnya Pulau bali dan Pulau Lombok hingga saat ini tidak pernah sepi oleh wisatawan mancanegara maupun lokal.

Tidak kalah menariknya dari semua lokasi wisata yang ada di Indonesia khususnya di wilayah timur adalah pesona alam Raja Ampat terasa tidak asing lagi di telinga bagi backpacker sang pemburu wisata sehingga menjadi magnet karena keindahan biota bawah laut serta keanekaragaman spesies terbanyak dari banyak pulau-pulau yang ada di dunia. Terdapat beragam aktifitas yang bisa dilakukan mulai memancing, berlayar, diving, snorkeling dan wisata kuliner.

Raja Ampat adalah salah satu keindagan alam di timur Indonesia yang dibanggakan, selain para wisatawan para sains dari luar negeripun sengaja datang untuk melakukan keperluan pengembangan sains dan observasi. Harapannya adalah semoga keaslian dan keasriannya alamnya dapat terjaga dengan baik. (mat)