Menang, Lewis Hamilton Semakin Tatap Gelar Juara Dunia

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton menang di sirkuit Hockenheim. (okezone)
Pebalap Mercedes Lewis Hamilton. (okezone)

SUZUKA – Pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton, berhasil memenangi balapan Formula One (F1) 2017 yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu 8 Oktober 2017. Ia sukses memenangi duel dengan pembalap Red Bull, Max Verstappen yang menempel ketat sepanjang balapan.

Kemenangan ini juga mengantarkan Hamilton semakin menatap gelar juara dunia F1 2017. Apalagi pesaing terberatnya yakni Sebastian Vettel harus mengalami nasib sial karena tak dapat melanjutkan balapan.

Dengan hasil tersebut, Hamilton kini kian kukuh di puncak klasemen dengan 306 poin, berbeda 59 angka dengan Vettel yang duduk di posisi dua untuk sementara ini. Sedangkan race masih menyisakan empat seri lagi yang akan berlangsung di Amerika Serika, Meksiko, Brasil dan Abu Dhabi.

Jalannya Balapan

Sejak race dimulai, Hamilton yang memulai balapan dari posisi pertama langsung tancap gas untuk mempertahankan posisinya. Namun pembalap lain juga tak ingin tinggal diam. Dua pembalap dibelakang Hamilton yakni Vettel dan Verstappen saling berebut posisi.

Namun, Vettel harus puas posisinya direbut pembalap Belanda itu yang berhasil menyusulnya dari posisi empat. Vettel pun harus turun ke posisi ketiga. Sementara posisi keempat ditempati oleh Esteban Ocon dan Daniel Ricciardo.

Nasib sial akhirnya harus dialami Vettel. Pembalap berusia 30 tahun itu terpaksa keluar dari persaingan balapan setelah mengalami masalah mobil. Akhirnya Vettel membawa mobilnya masuk ke pit dan akhirnya mengumumkan untuk mundur karena tak dapat melanjutkan balapannya.

Jalannya balapan pun semakin ketat untuk posisi empat hingga keenam. Hingga akhirnya persaingan posisi empat dan lima berhasil diduduki Valtteri Bottas dan Kimi Raikkonen yang aman hingga race berakhir. Sementara Hamilton dengan nyaman memimpin jalannya balapan, meski terus ditempel ketat oleh Verstappen.

Tapi jelang balapan berakhir, Verstappen nyaris menyusul Hamilton yang sudah nyaman di posisi pertama sejak awal. Hampir merebut posisi pertama di lap terakhir, sayang aksinya itu tertahan Fernando Alonso yang enggan mengalah meski sudah overlap. Akhirnya kemenangan menjadi milik Hamilton yang menggenapkan kemenangan ini menjadi delapan kali pada musim ini.

Berikut hasil lengkap balapan F1 GP Jepang 2017:

1.Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Motorsport 53 laps

2.Max Verstappen NED Red Bull Racing-TAG Heuer

3.Daniel Ricciardo AUS Red Bull Racing-TAG Heuer

4.Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Motorsport

5.Kimi Raikkonen FIN Scuderia Ferrari

6.Esteban Ocon FRA Sahara Force India-Mercedes

7.Sergio Perez MEX Sahara Force India-Mercedes

8.Kevin Magnussen DEN Haas-Ferrari

9.Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari

10.Felipe Massa BRA Williams Martini Racing-Mercedes

11.Fernando Alonso ESP McLaren-Honda

12.Jolyon Palmer GBR Renault Sport F1

13.Pierre Gasly FRA Scuderia Toro Rosso-Renault

14.Stoffel Vandoorne BEL McLaren-Honda

15.Pascal Wehrlein GER Sauber-Ferrari

(aci)

agregasi okezone1