Menikmati Sajian Musik Minangkabau ala Talago Buni

 Talago Buni. (*)
Talago Buni. (*)

PADANG – Jangan hanya selalu mendengar lagu populer kekinian saja. Nikmati juga musik Minangkabau. Dengarkan, rasakan bedanya. Musik Minangkabau amat kaya. Sekarang digemari penikmat musik dari berbagai negara. Mereka menyebutnya sebagai musik “sufistik” yakni musik spiritual, perasaan dan kebatinan.

Ingin mendengarkannya? Grup musik “Talago Buni” akan mengadakan penampilan musik yang berakar ke musik Minangkabau ini, Jumat-Senin (12-15/5) nanti. Mereka menciptakan komposisi musik yang diimprovisasi dan digubah dari musik Minangkabau. Selain juga disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Musisi Jepang juga akan tampil dengan karya mereka. Total ada 6 komposisi musik dimainkan. Masing-masing dua dari Talago Buni dan musisi Jepang, Katsu Mizumachi-Miho Lg (KURIstudio). Lalu dua komposisi lagi merupakan kolaborasi keduanya.

Penampilan itu dikemas dalam acara “Serial Lapiak Budaya Minangkabau 2”. Acaranya digelar pada tiga tempat, yakni ISI Padang Panjang, Jumat (12/5), Rumah Gadang Nagari Paninjauan, Danau Maninjau, Sabtu (13/5), Komunitas Tanah Ombak, Padang, Minggu (14/5) dan  FBS, Universitas Negeri Padang (UNP), Senin (15/5).