Menpan RB Pembicara Dialog Kejayaan Bangsa di Unand

PADANG – Kemajuan suatu bangsa ditentukan dari kualitas para aparatur sipil negaranya. Semakin banyak ASN yang memiliki keahlian maka akan semakin cepat kemajuan sebuah bangsa.

Hal tesebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dalam sambutannya saat menjadi pembicara ‘Dialog Kejayaan Bangsa Temu Alumni dan Kongres V DPP IKA Universitas Andalas’, Padang, Rabu (14/9).

Ia pun menilai jika kehadiran ASN merupakan mesin negara, tanpa kinerja ASN maka negara tersebut tidak dapat maju. Untuk itu dikatakannya peran universitas sangat penting dalam melahirkan para calon ASN yang unggul dan memiliki kompetensi.

“Kualitas ASN ditentukan dari pendidikannya, nah di sini peran dari universitas agar dapat melahirkan calon ASN yang memiliki kualitas. Agar saat lulusan universitas ingin menjadi ASN dapat memiliki kualitas sesuai dengan bidangnya masing masing,” Katanya.

Untuk mewujudkan ASN yang memiliki kualitas, pihaknya berencana akan memprioritaskan lulusan terbaik perguruan tinggi negeri untuk dapat menjadi ASN.

Menurutnya, lulusan terbaik universitas negeri dapat menjadi ASN yang yang profesional dan mau melayani masyarakat.

“Jika ASN maju maka negara kuat. Dengan memprioritaskan lulusan terbaik perguruan tinggi negeri dapat mencetak ASN yang profesional, dan ke depan saya yakin negara ini bisa maju,” ujarnya.

Lebih lanjut diharapkan dengan memprioritaskan lulusan terbaik perguruan tinggi negeri dapat membawa perubahan terhadap kinerja ASN. Dengan demikian tidak akan ada lagi ASN yang tidak memiliki inovasi dalam bidangya masing masing.

“Ke depan ASN harus memiliki semangat enteurprener, punya gagasan ingin maju, hospitality, melayani, dan ingin dekat dengan rakyat,” ucapnya.(yanti)