Menyemai Generasi Penerus Buya Hamka

Dalam kesempatan itu Walinagari Sungai Pua Feri Adrianto St. Sinaro mengatakan, pembangunan rusunawa tersebut atas perjuangan anggota DPR asal Sumbar, Mulyadi di Senayan. Mulyadi sukses mendorong mitra kerjanya, Kementerian Perumahan Rakyat untuk mendirikan rusunawa di Sungai Pua.

Bupati Agam Indra Catri dalam sambutannya mengungkapkan, rumah sekolah berbasis agama diperbanyak untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah di Agam. Pada akhirnya membawa risalah untuk kepentingan umat Islam, karena dengan keimanan yang kuat, merupakan pondasi yang kuat agar jauh dari bencana.

Oleh karena itu, Indra Catri berharap dengan banyaknya sarana agama, maka akan dapat mengubah paradigma masyarakat. Pembangunan rusunawa pesantren tersebut, akan menjadi contoh oleh daerah lain dalam mewujudkan pendidikan menuju masa depan yang lebih baik secara tepat.

Sebelum itu, Indra mengucapkan terima kasih kepada pemilik tanah yang sudah menginfakkan tanahnya untuk mendukung penuh program pendidikan agama di Sungai Pua tersebut.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek, Ustadz H. Ilham, Lc., MA mengatakan, selain aturan pesantren yang mewajibkan santri untuk tinggal di asrama, dengan tinggal di asrama juga dapat memupuk kebersamaan para santri.

“Para santri berasal dari berbagai daerah di Indonesia, di antaranya Riau, Kepri, Jambi, Bengkulu, Jakarta, Bandung, Kalimantan, Wamena dan lain sebagainya. Dengan tinggal di asrama, kekompakan dan kekompakan terbangun dengan sendirinya,” kata Ustadz Ilham, ketika peletakan batu pertama pembangunan rusunawa yang direncanakan lima tingkat tersebut, Sabtu (18/01/2014).

Rusunawa ini, hadir di sana, juga berkat tangan dingin Mulyadi. Apalagi politisi Demokrat ini melihat kehadiran rusunawa di ponpes Thawalib Parabek, sebuah kebutuhan yang mesti segera direalisasikan.

Tak hanya di Ponpes Diniyah Limo Jurai dan Ponpes Sumatera Thawalib Parabek yang punya rusunawa, di Agam setidaknya tujuh pesantren. Yaitu, ponpes Arasullin Madrasah Tarbiah Islamiah Kecamatan Candung, ponpes Mu’alimin Muhammadyah di Sawah Dangka Kamang.

Kemudian, ponpes Tarbiyah Islamiah Pasia, ponpes Modern Diniyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek , ponpes Nurul Yakin Siti Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung dan ponpes H. Abdul Karim Sy’aib Agam Kecamatan Ampek Koto.