Minum Kopi 3 Cangkir Sehari Bisa Bikin Panjang Umur

Ilustrasi. (*)

MASYARAKAT sering salah paham tentang manfaat kopi. Sedikit dari mereka mengatakan bahwa meminum kopi dapat berdampak buruk untuk kesehatan. Sementara yang lain berpendapat bahwa kopi sangat bagus untuk kesehatan.

Hal ini pun menimbulkan banyak kebingungan di kalangan masyarakat umum. Namun, perlu dipastikan bahwa terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Dilansir dari Boldsky, Senin (27/11/17) melalui studi terbaru terbukti bahwa minum kopi secukupnya bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Sebanyak 200 penelitian telah dikaji, bahwa peminum kopi memiliki risko rendah terkena beberapa jenis penyakit, seperti kanker, diabetes, penyakit hati, dan demensia. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam British Medical Journal (BMJ).

“Meminum kopi sebanyak 3 sampai 4 cangkir sehari bisa menurunkan risiko kematian dan penyakit jantung dibanding dengan yang tidak minum kopi.” ujar periset.

Kopi juga dikaitkan dengan risiko endometrium, kulit, batu empedu, dan asam urat. Manfaat terbesar dari mengonsumsi kopi adalah pada kondisi hati, seperti sirosis hati. Di sisi lain, juga memiliki keuntungan untuk penderita penyakit Parkinson, depresi, dan penyakit Alzheimer. (aci)