Mohammad Saleh Resmi Dilantik Menjadi Ketua DPD RI

Pengambilan sumpah jabatan Mohammad Saleh sebagai Ketua DPD RI. (*)
Pengambilan sumpah jabatan Mohammad Saleh sebagai Ketua DPD RI. (*)

JAKARTA – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menggelar Sidang Paripurna Luar Biasa dalam rangka pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan Mohammad Saleh menjadi Ketua DPD RI baru periode 2016-2017, di Gedung Nusantara V Senayan Jakarta, Rabu (12/10).

Pengucapan sumpah tersebut dipimpin Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali dan dihadiri anggota DPD RI termasuk Wakil Ketua I GKR Hemas dan Wakil Ketua II Farouk Muhammad.

Sebelumnya, pimpinan sementara DPD Maimanah Umar (anggota DPD tertua) dan Wakil Pimpinan Sementara Riri Damayanti (anggota termuda) menanda tangani berita acara keputusan dan secara resmi menyerahkan palu sidang kepada pimpinan baru terpilih.

Sebelum penyerahan palu sidang kepada pimpinan baru, pimpinan sementara DPD Maimanah Umar memberikan pernyataan agar Ketua DPD RI yang baru dapat mengemban tugas dengan baik dan meningkatkan kinerja DPD ke depan.

“Pimpinan DPD terpilih dapat memimpin dan meningkatkan kinerja kelembagaan DPD dalam mengemban tugas konstitusional, untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah,” Maimanah Umar.

Setelah menerima palu sidang, Ketua DPD RI terpilih Mohammad Saleh langsung memimpin sidang untuk pertama kalinya, dan juga mengucapkan terimakasih kepada rekan senator yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya. (rahmat)