MUI tak Akan Hadiri Pertemuan Ulama dan Dai Internasional

Majelis Ulama Indonesia (MUI) (net)
Majelis Ulama Indonesia (MUI) (net)

PADANG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat dan kabupaten/kota memutuskan tidak akan menghadiri pertemuan ulama dan dai internasional yang diadakan di Padang.

Ketua Umum MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar dan Sekum DR. H. Sobhan Lubis melalui relisnya yang diterima Singgalang menyatakan, keputusan itu diambil  berdasarkan musyawarah dengan ketua MUI kabupaten/kota dan Pengurus Harian MUI Sumbar, Sabtu (15/7) di aula Masjid Nurul Iman,Padang.

MUI Sumbar dan MUI Padang tidak dilibatkan dalam kegiatan tersebut karena yang dilakukan panitia hanya komunikasi awal. MUI tidak diberitahu tentang format acara dan konten apa yang akan diperbincangkan dalam pertemuan itu.

Beradasarkan itu maka MUI memutuskan untuk tidak menghadiri acara tersebut dan tidak mengutus siapapun atas nama MUI Sumbar maupun MUI kabupaten/kota.

“Namun kami berdoa semoga acara tersebut berjalan dengan baik dan membawa kemashlahatan kepada umat khususnya di Ranah Minang,” kata Buya Gusrizal.

Dengan ketidakhadiran itu, seluruh keputusan yang dihasilkan, tidak ada sedikitpun melibatkan MUI dalam mengkaji dan memutuskannya. Karena MUI berada di luar forum tersebut. (deri)