Berita Singgalang | Padang

Mundurnya Maigus Nasir tak Terkait Pilkada

Tanggal 13 April 2013

PADANG – Informasi yang berkembang di tengah masyarakat tentang silang pendapat antara Walikota Padang Fauzi Bahar dengan Direktur Eksekutif Baznas Kota Padang, Maigus Nasir, yang menyebabkan dirinya mundur, terjawab sudah.
Maigus Nasir mundur dari jabatan tersebut sesuai surat yang disampaikannya ke pengurus tiga hari lalu, dengan alasan untuk lebih fokus pada beberapa organisasi besar yang dipimpinnya. Bukan, karena masalah politik atau rencana majunya dia sebagai bakal calon walikota Padang dari jalur perseorangan.
Hal itu diakui Ketua Umum Baznas Kota Padang, Prof. Dr. Salmadanis kepada Singgalang, Jumat (12/4). Disebutkannya, pengurus memang telah menerima pengunduran Maigus tersebut dan ingin lebih fokus pada organisasi besar yang dipimpinnya seperti Ketua Muhammadiyah dan Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Padang.
Di samping itu, Maigus Nasir mundur bukan pula berkaitan dengan penggunaan dana Baznas. “Sebagai penggantinya, telah ditunjuk pelaksana tugas (Plt) Aditiawarman yang juga sebelumnya menjabat pengurus Baznas Padang, sebagai Ketua II. Aditiawarman juga dosen IAIN Imam Bonjol dan mantan Dekan Fakultas Syariah di kampus tersebut,” katanya.
Dikatakannya, Maigus Nasir mundur sebagai direktur ekseku tif namun sebagai peng urus tetap. Direktur eksekutif sama dengan pelaksana tugas harian yang membutuhkan waktu ekstra dalam melaksanakan tugas.
Berkaitan dengan adanya informasi dana Baznas, distop walikota untuk pencairan, menurut Salmadanis, memang benar. Namun, itu hanya dari Januari hingga Maret 2013 karena belum dimulainya Rakerda. Namun, setelah digelarnya Rakerda maka 1 April telah bisa dicairkan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
“Menurutnya, Rakerda itu seharusnya dilakukan Desember 2012, sehingga awal April telah bisa dicairkan. Namun, karena banyaknya agenda dan pansus DPRD maka agak terlambat, dan baru 1 April bisa dicairkan,” ujarnya.
Lalu di sisi lain, Salmadanis membantah dirinya mundur dari Ketua Umum sesuai rumor yang berkembang saat ini berkaitan dengan mundurnya Maigus Nasir.
Setelah dihubungi, Maigus Nasir membenarkan dirinya mengundurkan diri dan telah disampaikan secara tertulis ke pengurus surat pengunduran dirinya itu.
Dia mengatakan, mundur dari Direktur Eksekutif bukan karena masalah apa-apa, namun karena banyak kesibukan lain dan fokus pada organisasi besar yang dipimpinnya. (103)

Leave a Reply

 
Advertise Here
Advertise Here

Pojok

  • + Gagal pemilu,
    Caleg diceraikan isteri
    - Malang bana nasib, kursi empuk ndak dapek, bini cigin lo
    + Anang tak ambil pusing soal
    perolehan suara
    - Bini si nan dek lai tantu iyo. Kok indak cigin lo mah