Nafas Terasa Berat, Demam Tinggi dan Infeksi Penyebabnya

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

SAAT Anda panik, biasanya nafas menjadi sulit untuk diatur. Untuk mengambil atau menghela nafas saja rasanya sulit sekali. Masalah itu bukan hanya saat Anda merasa tertekan, namun, ada beberapa kondisi tubuh yang mereaksikan nafas menjadi lebih berat.

Seperti dada diduduki gajah! Beberapa sensasi dari nafas berat juga bisa membuat mereka khawatir akan masalah lanjutan. Padahal, Anda perlu ketahui, pernafasan yang berat itu tidak menunjukkan masalah kesehatan yang serius. Jadi, jangan tambah panik, ya.

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa faktor penyebab Anda mengalami pernapasan yang terasa sesak. Salah satunya adalah karena tubuh Anda demam tinggi. Saat masalah itu datang, biasanya tubuh dengan sendirinya akan memerlukan oksigen lebih dari biasanya. Itu dilakukan supaya suhu tubuh normal kembali didapatkan.

Tak hanya nafas yang berat, mereka yang tubuhnya sedang demam juga biasanya akan sangat sulit bernapas. Jadi, hirupan setiap oksigen ke dalam tubuh jadi sangat minim. Tapi, setelah demam Anda turun dan nafas pun kembali normal, berarti tidak ada masalah serius dari sistem pernapasan Anda. Selain karena demam, biasanya nafas menjadi lebih berat karena adanya infeksi di dalam tubuh.

Pada beberapa kasus, sebenarnya infeksinya tidak begitu besar, namun bila gejalanya parah seperti disertai demam tinggi, maka Anda perlu mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut.

Kasus seperti adanya masalah di paru-paru juga bisa menjadi faktor penyebab nafas Anda menjadi lebih berat. Paru-paru sendiri erat juga kaitannya dengan jantung.

Jadi, bila Anda mengalami masalah nafas karena paru-paru, risiko pun akan menyerang jantung Anda. Hal itu terlihat dari misalnya saat nafas itu terasa berat, maka jantung pun akan berdenyut lebih cepat. Setelah itu jantung akan melemah.

Kalau sudah begini, bahkan bila durasinya sudah lebih dari tiga hari, Anda wajib memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan diagnosa yang tepat. Selain masalah di atas, nafas berat juga bisa terjadi ketika Anda menderita infeksi sinus, flu biasa, flu berat, masalah bronkitis, atau pneumonia.

Yang mungkin tak terpikirkan adalah ketika Anda dehidrasi, nafas pun bisa terasa lebih berat. Hal itu terjadi karena tubuh memaksa bekerja lebih tanpa adanya asupan cairan yang cukup. Saat tubuh memaksakan bekerja itu lah nafas menjadi lebih sulit. (aci)

agregasi okezone1