Naqsabandiyah Hari Ini Rayakan Idul Adha

 

PADANG – Ratusan jamaah Tarekat Naqsabandiyah menggelar Salat Idul Adha di Masjid Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, pada pukul 08.00 WIB. Salat Id ini diimami langsung oleh guru Tarekat Naqsabandiyah, Syafri Malin Mudo, sementara khatibnya Buya Afrizal.

Dalam Salat Id itu ada sekitar enam syaf yang terdiri dari tiga syaf laki-laki dan tiga syaf perempuan. Satu syaf berisi sekira 20 orang terdiri dari dewasa dan anak-anak. Setelah shalat Id dilanjutkan dengan menyampaikan kutbah memakai bahasa arab oleh Buya Afrizal merupakan murid tarekat Naqsabandiyah.

Saat menyampaikan kutbah, Afrizal memakai jas hitam dan kain sarung. Afrizal juga memakai sorban menutupi kopiah. Tangan kirinya memegang tongkat, sementara tangan kananya memegang kertas putih bertuliskan Arab. Usai khotbah sekira 15 menit, para jamaah langsung berebut bersalam dengan Iman dan Khatib.

“Hari ini bagi Tarekat Naqsabandiyah adalah 10 Zulhijah atau Idul Adha,” kata Buya Safri Malin Mudo usai Salat Id, Sabtu (10/9/2016).

Dia menjelaskan, penentuan Idul Qurban atau Hari Raya Haji bagi Tarekat Naqsabadiyah, selalu sama dari tahun ke tahun, yakni 100 hari setelah awal Ramadan.

“Dengan ditetapkan Idul Adha hari ini, maka hari ini kita kembali menghitung sebanyak 360 hari, maka tahun depan itulah nanti akan kita putuskan Idul Adha,” terangnya.

“Jemaah kita ini ada yang datang dari Pesisir Selatan dan Solok, selain disini di daerah Kecamatan Lubuk Kilangan di Padang ini juga ada Tarekat Naqsabandiyah yang merayakan Idul Adha hari ini,” pungkasnya.
(ris)
Kome