Nofi Candra Pinjamkan Gedung untuk SMAN 1 Solok

Nofi Chandra saat bersama orangtua siswa SMAN 1 Solok. (rusmel)
Nofi Chandra saat bersama orangtua siswa SMAN 1 Solok. (rusmel)

SOLOK – Ratusan orang tua siswa kelas 1 (kelas X) SMAN 1 Solok sumringah. Mereka terkesima ketika bertemu dengan Nofi Candra,  yang hadir ke Solok bukan sebatas sebagai  anggota DPD, tetapi lebih menjadi tokoh penyelamat pendidikan bagi ratusan siswa SMAN 1 Solok yang terkendala kurangnya tempat belajar.

“Kami berterimakasih kepada Pak Nofi yang telah menyerahkan gedung baru untuk anak-anak kami belajar di sini,” kata perempuan bernama Buk Bet.

Buk Bet tidak sekadar membanggakan kepedulian Nofi Candra, tetapi ia mendorong agar senator RI itu ikut membantu menjadikan sekolah tersebut sebagai ikon pendidikan di kota Solok. Ia berpikiran demikian, karena selama ini kecenderungan masyarakat lebih memilih sekokah-sekolah favorit yang berada di luar kota Solok. Kini dan selanjutnya, sudah saatnya Solok membangun sekolah  favorit.

Gedung tiga lantai, bewarna putih berada di tepi jalan lintas Sumatera kota Solok. Persisnya di ruas jalan by pass kelurahan KTK. Gedung yang semula akan dikembangkan sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (Stikom) oleh Yayasan Pendidikan Nusantara Citra (YPNC) itu, menjadi lebih menarik karena disamping kanannya berdiri masjid raya KTK.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala SMAN 1 Solok Hj. Nurmaini  memaparkan keterbatasan sekolah terhadap ruang belajar akibat sistem pendidikan satu shif.

“Kita bersyukur Pak Nofi Candra menyerahkan gedung secara gratis. Ini bantuan luar biasa untuk pendidikan anak-anak kita,” bebernya.

Anggota DPD-RI Nofi Candra yang hadir bersama Ketua dan Sekretaris YPNC Andri Maran dan Yavis Tamsin, mengaku menahan obsesinya mengembangkan sekolah tinggi untuk kepentingan pendidikan di SMAN1 Solok.

Nofi dengan merendah mengaku  bukan seorang tenaga pendidikan, tidak pula seorang yang mampu menularkan ilmu pengetahuan kepada orang lain.Tetapi dalam dirinya terus berusaha agar bisa bermanfaat untuk orang lain.

”Melalui gedung ini, mudah-mudah ada manfaat yang bisa diperoleh sebagai pahala. Itu saja niat kita,”ungkapnya. (rusmel)