Ofisial Kontingen PON Sumbar Hampir Separuh Jumlah Atlet, DPRD Berang

PADANG – DPRD Sumbar berang karena terlalu banyaknya tim ofisial kontingen Sumbar yang diberangkatkan ke Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat.

Sumbar memberangkatkan paling banyak tim dibanding provinsi lain di Sumatera. Totalnya 520 orang. Sebanyak 350 orang adalah atlet, dan sisanya 170 orang merupakan tim ofisial. Ini berarti jumlah tim official yang diberangkatkan lebih dari setengah jumlah atlet.

“Kami kaget sekali mengetahui hal ini. Masa iya, atlet saja 350 orang, ofisialnya sampai setengah dari itu. Harusnya KONI lebih hemat anggaran,” ujar Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Yuliarman, Rabu (14/9).

Terlalu banyaknya ofisial yang diberangkatkan sudah pasti membuat anggaran membengkak. Ia menilai harusnya tak perlu sampai sebanyak itu. Yuliarman menghitung-hitung semua yang berangkat akan membuat anggaran sangat banyak terkuras. Total 520 orang itu akan menginap di hotel selama 14 hari di Jawa Barat selama PON berlangsung. Belum lagi ongkos pesawat dan uang saku.

“Kita ini bukan provinsi terkaya di Sumatera. Riau saja yang APBD-nya jauh lebih besar tak memberangkatkan sebanyak itu,” katanya kecewa.

Menurut dia, sebelumnya DPRD sudah mengingatkan agar ofisial yang diberangkatkan tak terlalu banyak. Begitu pula dengan jumlah atlet. Atlet yang diberangkatkan harus sesuai dengan peluang kemenangan.

Komisi V sampai saat ini belum mendapat laporan detail tentang penggunaan anggaran KONI, dan pihaknya akan mengevaluasi dan menelusuri penggunaan dananya. “Nanti akan ada tindak lanjut dari DPRD terkait hal ini,” katanya. (titi)