Operasional Dibantu Kemenhub, Trans Padang Tambahan Segera Beroperasi

Bus Trans Padang (antara foto)
Bus Trans Padang (antara foto)

PADANG – Angin segar untuk pengoperasian tambahan bus Trans Padang yang dikelola Damri mulai berhembus. Kementerian Perhubungan RI segera memberikan bantuan sebesar Rp600 juta untuk biaya operasional.

Kabar baik itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Padang Helmi Moesim, usai Komisi III melakukan kunjungan kerja ke Kemenhub pekan lalu.

“Jadi saat kami ke Jakarta dan mengunjugi Kementerian Perhubungan, ada titik terang soal bantuan agar bus Trans Padang dapat dioperasikan khususnya di koridor I (Pasar Raya – Lubuk Buaya),” ujar Helmi, Senin (24/10).

Menurutnya, bantuan itu akan dimasukkan dalam APBD Perubahan 2016. “Jadi diperkirakan tambahan bus itu akan mulai beroperasi akhir 2016 ini karena anggaran masuk dalam APBD Perubahan 2016,” kata politisi Golkar itu.

Terkait bantuan sebanyak Rp600 juta itu hanya untuk perawatan operasional saja dan berlaku setahun untuk lima bus saja. “Dana sebanyak itu hanya bisa untuk lima bus karena ukurannya besar, namun di lapangan nanti akan digunakan 10 bus secara bergantian,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Padang Dedi Henidal menegaskan agar Damri segera mengurus perizinan. (bambang)