Pahami Risiko, Kelola Uang dengan Bijak

Menurut Direktur Bank Liquidation Group LPS, Ferdinand D Purba, data LPS per November 2014, jumlah rekening yang tercatat di BPR LPN Kampung Baru mencapai 1.280 dengan jumlah dana Rp6,659 miliar. Proses verifikasi dan penggantian uang nasabah diselesaikan dalam waktu 90 hari kerja.

Sejauh ini, BPR memang punya andil yang tinggi dalam menarik animo masyarakat Sumbar terhadap lembaga perbankan. Karena, BPR lebih menjangkau tempat-tempat terpencil yang tak terjangkau bank besar. Terbukti, jumlah BPR berkembang pesat dan pada posisi tahun 2013 merupakan terbanyak kedua setelah Provinsi Jawa Barat atau terbanyak di Sumatera. Saat ini, dengan dilikuidasinya BPR LPN Kampung Baru, maka jumlah BPR yang aktif di Sumbar di bawah pengawasan OJK tahun 2015 menjadi 101 unit.

Di sisi lain, Sumbar juga masuk tiga besar nasional jumlah BPR yang dilikuidasi. Likuidasi terjadi karena bank tidak sehat. Sementara secara nasional, jumlah bank yang dilikuidasi semenjak LPS berdiri hingga pertengahan tahun 2015 ini sudah mencapai 61 unit. (lps.go.id)